Wednesday, March 6, 2019

Dunia Blogging Mulai Receh

with 0 Comment
Ngeblog untuk mencari penghasilan udah nggak sepadan. 

Antara waktu yang dihabiskan untuk mengelola blog dan dolar yang didapat bener-bener udah nggak layak dipertahankan.

Masih inget banget dulu nggak sedikit Blogger yang punya penghasilan ratusan juta setiap bulan. Well saya yakin penghasilan mereka sekarang tinggal recehan.

Blog kalah sama YouTube

Dulu baca-baca artikel yang ditulis travel blogger itu keren banget rasanya, sekarang mending liat videonya langsung. 

Blog tutorial kalah sama video tutorial. Review film, mending nonton cuplikannya langsung. Semua niche udah digeser YouTube. 

Bahkan niche hukum, berita, kesehatan, resep masakan, desain, musik, komedi, semua dikalahkan ke YouTube.

Intinya orang lebih suka audio visual dibanding baca-baca tulisan. 

Niche blog yang masih prospek

Mungkin niche blog yang masih prospek adalah meme-meme lucuk dan info lowongan kerja. Niche ini sepertinya mustahil dikalahkan YouTube.

Niche info lowongan kerja bukan bidangku, jadi pilihan yang tersisa cuma meme.

Ane sendiri bakalan melipat semua blog yang ada dan melakukan transformasi menjadi blog meme. Enak kali ya tiap hari cuma bikin meme (dan video YouTube).

Dari 8 blog TLD mungkin yang akan lanjut dikelola cuma 2 blog aja, plus satu blog personal buat nulis diary (baca : jurnal pribadi). 

Jadi ada 5 blog TLD yang bakal sengaja dihanguskan, biarin vakum jadi blog gratisan lagi. 

Biar lebih fokus.



0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending