Friday, December 21, 2018

Tipe Orang yang Bikin Heran

with 0 Comment
Sebagian orang tidak memahami konsep privasi sederhana.

Banyak contohnya, dari yang sekedar kebiasaan mengintip isi HP atau isi laptop orang lain, sampai hobi mengintip orang mandi (what?). Please jangan.

Entah apa ada orang lain yang juga heran soal perilaku ini:


Kebiasaan gedor-gedor pintu waktu bertamu. Sambil mengintip.

Belum lama saya alami, ada orang yang berkali-kali gedor pintu, sambil mengintip daleman rumah saya. Dimulai dari pintu depan, pintu samping, jendela, pintu belakang. Semuanya digedor-gedor. Sampai dua kali memutar.

Lebih parah lagi sambil berkata: “Oh ngumpet nih ceritanya”, “Pura-pura tidur ya?”, “Tuh kelihatan lagi nonton TV”, “Cepetan bukain pintu!”.

Well.. menurut saya mereka ini adalah manusia yang tak memperdulikan arti:

  • Tuan rumah sedang tidur/istirahat, jangan diganggu
  • Tuan rumah sedang ingin sendiri
  • Tuan rumah sedang sibuk
  • Atau memang tuan rumah sedang malas menerima tamu

Please deh.. jika tuan rumah menolak membukakan pintu, jangan memaksa. Rumah dia, terserah dia.

Jadi seandainya pintu diketuk (maksimal sampai 3 kali pengulangan lah..) tidak ada jawaban, tidak ada respon dari tuan rumah. Sadar dong. Balik kanan lalu pergi.

Jangan “pantang menyerah” sampai keliling rumah, semua pintu digedor, semua jendela diintip.

Bayangkan jika pemilik rumah sedang telanjang atau sedang melakukan hal privasi di dalam rumahnya. Itu namanya nggak sopan.

Iya kalau memang ada hal penting menyangkut hidup dan mati manusia, masih bisa dimaklumi.

Apalagi sekarang zaman teknologi, apa susahnya memberi kabar dulu sebelum berkunjung. Jadi tuan rumah juga sudah persiapan.

Kalau udah gedar-gedor pintu, mengintip sana-sini, setelah dibuka malah cuma meminjam korek api. Haduh.. semoga dosamu diampuni aja deh.


Disclaimer:

Tulisan ini adalah pindahan dari jawaban saya di forum sebelah.


0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending

Arsip Blog