Monday, May 14, 2018

Blacan Bukan Kucing Asli Indonesia

with 0 Comment


Ceritanya kemarin ane abis ketemu blacan di jalan, ada 3 ekor. Satu induk dan dua anaknya. Di daerah ane masih banyak blacan berkeliaran, jadi ane gak heran. Apalagi ane adalah manusia nocturnal, so ane sering ketemu binatang gak lazim (baca : orang awam jarang ketemu). Yes, orang lain susah ketemu blacan karena blacan aktif di malam hari. 

Kebetulan pada saat itu ane bawa HP, jadi sempet ane rekam videonya. Cekidot:



Para scientist (ilmuwan) seringkali ribet ngasih nama ilmiah. Bahkan blacan juga punya nama lain (nama lokal) berbeda-beda tiap daerah. Ada yang menyebutnya kucing bengal, kucing congkok, kucing hutan, dll. Intinya sama aja, kucing liar. 

Ada yang bilang asian leopard cat, ada yang bilang javan leopard cat, sunda leopard cat, dst. Beda tempat beda spesies, bikin ribet aja. 

Kucing itu selain binatang yang gampang berkembang biak, juga gampang untuk dikawin silang (hybrid). Bayangin nantinya ada berapa juta spesies jika setiap ada hasil kawin silang lalu punya nama yang berbeda lagi. Gak penting banget.


Blacan Bukan Kucing Asli Orang Indonesia

Nih ya, binatang asli Indonesia udah banyak, gak perlu serakah pake ngaku-ngaku Blacan adalah binatang asli Indonesia. Gak ada untungnya.

Kemarin ane sempat baca-baca di forum internet, ada beberapa orang berdebat serius soal nama blacan. Apakah itu kucing bengal, kucing congkok, dst cuma berdasar perbedaan corak warna, mereka menganggap masing-masing corak warna punya nama sendiri-sendiri. What the Hell. Padahal bisa jadi itu cuma perbedaan nama lokal aja kan. 

Bukan cuma itu, mereka menganggap blacan udah jadi budaya (baca : binatang) asli indonesia, jadi mereka gak boleh salah dalam penamaan, biar gak diklaim negara lain. Hhhhhh.. gak ada kerjaan.

Makanya baca wikipedia !! Yah walaupun semua orang bisa menulis di wikipedia (artinya bisa jadi berisi konten opini, atau hasil kira-kira) dan gak bisa dikatakan valid secara literatur (fakta ilmiah). Tapi minimal jadi punya gambaran bahwa blacan bukan binatang asli Indonesia.

Jual Beli Kucing Hukumnya Haram (Termasuk Blacan)

Banyak orang jualan kucing secara online. Yah walaupun bisa jadi mereka (seller) bukan muslim. Kebanyakan kucing yang dijual adalah yang berbulu lebat, seperti kucing persia, dkk, yang jelas kebanyakan kucing yang lucu-lucu. Namun ternyata, banyak juga yang jualan blacan. Bahkan harganya jutaan. What the heck..

Kalau aja kucing halal untuk diperjual belikan, mungkin ane udah kaya raya, naik haji berkali-kali. Karena mungkin ane bakalan ternak kucing dari dulu. Karena sekali lagi, kucing itu gampang berkembang biak. 

Adopt, Don't Shop !!

Kalau mau miara kucing, ambil kucing jalanan yang gak punya rumah. Justru bisa jadi tiket masuk surga, karena udah mau menyelamatkan kucing jalanan. Banyak kucing jalanan yang hidupnya sengsara.

Kalau gak mau punya kucing kampung, ambil aja di shelter, adopsi, gratis. ngapain beli mahal-mahal. Jangan bego.



0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending