Thursday, April 5, 2018

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)

with 0 Comment
Satu-satunya cara untuk membangkitkan (atau menghidupkan) channel youtube yang kena suspend (suspended - ditangguhkan) adalah dengan mengajukan banding (appeal) ke pihak youtube.

Alhamdulilah, wasyukurilah, wanikmatilah, minggu kemarin ane berhasil membangkitkan channel lawas yang udah lebih dari setahun kena suspend. Ane ulangi, lebih dari setahun kena suspend.

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)

Kenapa ada foto motor segala?

Biar tampilan di halaman utama (Homepage Blog), foto gak keliahatan blur (burem). Soalnya foto-foto di bawah selanjutnya adalah foto kecil-kecil hasil print screen, alias screen captured, alias foto tangkapan layar leptop, alias screenshot, atau apapun itu istilahnya. Udahlah lupakan.

Tadi awal ane bilang, lebih dari setahun channel youtube ane kena suspend, alias temporarily disabled. Tepatnya adalah pada bulan Januari 2017. Seperti keliahatan di foto ini.

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)

Email jenis ini adalah mimpi buruk bagi semua youtuber dari seluruh dunia. Mudah-mudahan ane gak dapat email kek begini lagi besok-besoknya. 

Fyi, ane punya beberapa channel, dan semuanya ane usahakan berisi konten original. Kalaupun ada musik berhak cipta, maka ane gak akan monetisasi video itu. Dan jikapun ada clip video atau footage milik orang lain, itu adalah video cc (creative common), alias video non copyrighted (bebas hak cipta). 

Intip channel personal ane : Admanda Channel

BTW, video cc adalah jenis video yang bebas untuk diobrak abrik, bebas diedit, maupun disebar dimana aja. Tapi entah kenapa channel ane kena suspend juga. Mungkin ada orang dengki trus ngasih bendera (me-report) channel ane, mungkin. Tapi entahlah.

SKIP. 

Cara Menghidupkan kembali Suspended Channel YouTube

Nah, beberapa hari kemarin ane iseng ngecek satu per satu channel ane. FYI, channel youtube ane sebenarnya lumayan banyak, tapi banyak juga diantaranya gak terurus, bahkan sampai berbulan-bulan gak update. 

Lalu sampailah ane pada channel satu ini.

Ternyata gak bisa dibuka, karena pada saat itu status masih suspended. So ane iseng mengajukan banding. Bener-bener murni iseng, gak ada niat, dan ane sama sekali gak menyangka ajuan banding ane bakal berhasil. Sayangnya gak ada screenshotnya, tapi yang jelas, ane cuma nulis beberapa kalimat, kurang lebih gini : 
I have no idea why my account was suspended. Please take your time to do manual review to my account. I will appreciate that. Just for you know, i never violating Google AdSense program policies or terms and conditions. So please fix this error. Thank you.
Di kolom selanjutnya, pas ditanya "emang kamu promosi video kemana aja?", hee.. gitu lah kira-kira maksudnya, gini jawaban ane:
I never promote my video to any social media, except Google+. Viewers came to my channel were from youtube search and suggested video, i guess.
Soalnya setau ane, Google itu gak terlalu akur sama facebook. Banyak channel kena suspend gara-gara terlalu sering share video youtube ke facebook. Jadi kalau ada banyak viewers yang sumbernya dari facebook, seringkali dianggap spam oleh youtube.

Di kolom selanjutnya pas disuruh nunjukin bukti bahwa suspend ini dianggap eror sistem (bukan kesalahan ane, atau semacam itu, ane lupa istilahnya):
I really don't know about that, so i don't have it
Kolom selanjutnya, ditanya rencana selanjutnya untuk mengembangkan channel :
I will try to make high quality and authentic videos, and never violating Google AdSense program policies and terms and conditions.
Abis ane ngajuin banding, trus udah gitu aja. Ane logout dan ane lupakan sampai berhari-hari. 

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)

Pada saat itu ane gak mengira bahwa setengah jam kemudian bakal ada email balasan yang berisi kalau banding ane udah ditinjau dan berhasil (menang). Artinya channel ane udah hidup lagi. 

Liat aja di screenshot email di atas. Antara konfirmasi pengajuan banding diterima dan konfirmasi pengajuan banding udah ditinjau, cuma selisih setengah jam. Cepet banget kan.

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)
Hepi rasanya ada pita berwarna ijo di kolom monetisasi.


Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)


Pecah telor. Sayangnya ane lupa dulu udah punya berapa juta subscribers, he he... Di hari pertama channel nyala, ane kehilangan 5 subscriber (-5), grafiknya sampai anjlok dibawah garis x, hhaaaa.. tapi beberapa hari kemudian status udah ganti nambah 6 subscriber (+6). Keren kan, baru berapa hari udah dapat 11 subscriber. 

And remember, padahal channel ini udah setahun lebih mati (suspended). Entah ane kehilangan berapa juta subscriber selama setahun terakhir. Hiks..


Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)


Begitu ane tau channel udah bangkit lagi, ane cek di analitic. Dalam beberapa hari terakhir, udah dapat 230 views dan 1697 menit tayangan. Ane ingetin lagi, channel ini baru beberapa hari bangkit dari kubur, setelah setahun lebih tewas mengenaskan. 

Liat grafiik garis lurus di atas, itu artinya channel ane masih ada di kuburan. Hee.. Mulai ada detak jantung lagi sejak beberapa hari terakhir aja.


Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)



Ni biar lebih jelas, tapi juga bikin ane bingung. Berdasar analitic di atas, channel ane mulai dapat view lagi sejak tanggal 24 maret 2018, sedangkan email pemberitahuan yang dikirim ke ane (bahwa channel udah nyala) adalah tanggal 26 maret. Mungkin selisih 2 hari ini adalah masa-masa koma. Haa.. atau emang ane yang pelupa, lupa tanggal pastinya ane mengirim ajuan banding.

Cara Menghidupkan Suspended Channel Youtube (Channel Ditangguhkan)

Ini adalah capture analitic penghasilan channel. Artinya, iklan mulai tayang sejak tanggal 27 Maret. Masih masuk akal.

KESIMPULAN (so far) :
Walaupun channel udah mati lama, tapi ketika bangkit lagi, dia bakalan kembali ke posisi semula (posisi youtube search and suggested video). So, channel gak bakal tenggelam dan gak perlu membangun dari awal.  Maksudnya tinggal ngelanjutin lagi aja.

Masa-masa channel dalam keadaan mati (suspended), otomatis bakal kehilangan subscriber. Yaiyalah.. Tapi ketika nyala lagi, subscriber datang lagi secara natural seperti keadaan semula (sebelum suspend).

Udah gitu aja. Intinya, balik lagi paragraf awal (cuma untuk meng-kokoh-kan kata kunci, hee..), cara untuk membangkitkan (atau menghidupkan) channel youtube yang kena suspend (suspended - ditangguhkan) adalah dengan mengajukan banding (appeal) ke pihak youtube. Itu aja! Peace!



Lebuh, 6 April 2018

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending