Monday, September 4, 2017

Fakta Unik Ikan Grass Carp (Graskap - Braskap - Baskap - Koan)

with 0 Comment
Kepopuleran ikan air tawar grass carp (Graskap - Braskap - Baskap) alias ikan koan sebagai ikan konsumsi masih kalah dibandingkan dengan ikan lele, gurami, ikan mas atau nila. Padahal, selain enak disantap, ikan grass carp ini merupakan pemberantas serangan gulma di kolam tanah (mud pond).

Dibandingkan dengan ikan jenis air tawar lain, ikan grass carp masih kalah kesohor di telinga masyarakat kita. Namun, bukan berarti budidaya ikan grass carp tidak menjanjikan. Karena ternyata permintaan ikan vegetarian ini di pasaran ternyata juga gila-gilaan.

Fakta Unik Ikan Grass Carp (Graskap - Braskap - Baskap)
Ikan Graskap lagi meeting di kolamku


Ikan Graskap Pembersih Kolam
 
Seperti disebutkan berulang kali di atas (sampe bosen). Selain untuk konsumsi, ikan yang kerap disebut dengan graskap ini biasanya dimanfaatkan sebagai pengendali gulma. Biarin mereka bersih-bersih kolam. He he..

Yes, graskap adalah ikan jenis herbivora atau pemakan tanaman. Ini salah satu hal yang mendorong peternak mau membudidayakan ikan graskap, karena pakannya rerumputan seperti kambing or sapi. Murah meriah, bahkan gratis kalau mau nyari sendiri.
Di Belanda dan Amerika Serikat, ikan grass carp kerap dimanfaatkan untuk membasmi gulma di danau dan perairan lainnya. Di banyak negara lainnya malah justru dianggap hama, saking rakusnya.

Ikan Graskap Bisa Mencapai Ukuran Satu Meter lebih

Asal tahu saja, ikan grass carp bisa memakan tanaman dengan jumlah hingga tiga kali total berat badannya. Ketika dewasa, panjang tubuh grass carp bisa mencapai 1,2 meter dengan berat 20 kilogram (kg). Lebih besar daripada anak balita.

Karena ukurannya yang super jumbo, sebenernya bagus untuk ikan hias, tapi lumayan juga untuk dijual. 15 rb x 10 kg aja per ekornya udah 150 ribu. Bayangkan kalau punya 100 ekor. Kan 15 juta. Coba kalau 1000 ekor. Bisa naik haji berkali-kali. Ha ha..

Yes, nilai jual ikan ini memang belum setinggi ikan air tawar lainnya. Masih kalah dengan ikan lele, nila atau gurami yang sudah menjadi makanan nasional.

Ikan ini masih belum banyak dikonsumsi. Padahal, rasa ikan ini tidak kalah enak dengan ikan bandeng. Asal masaknya dipresto juga. Karena banyak duri kecil-kecil persis seperti duri yang ada di ikan bandeng (dan ikan mas juga).
Ikan Graskap. Dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan. Dari sisi ukuran, memang lebih besar dibanding jenis ikan konsumsi air tawar lainnya, namun dari sisi nilai jual, berbanding terbalik, karena lebih murah, dianggap ikan curah. This.


Enam Bulan Panen Ikan Graskap

Grass carp merupakan satu-satunya ikan genus Ctenopharyngodon. Berasal dari China, ikan ini banyak dibudidayakan untuk dikonsumsi dan kemampunnya dalam melahap gulma (again). Kebutuhan makanan mudah didapat (rumput liar) dan bisa tumbuh besar dalam waktu cepat.

Ikan grass carp merupakan ikan air tawar yang hidup pada suhu antara 20 derajat hingga 30 derajat celcius. Namun, ikan ini masih bisa bertahan juga di kisaran suhu 15 derajat celcius.

Agar pertumbuhan maksimal, pembudidaya perlu menyiapkan lahannya dengan baik. Mulai pengeringan lahan, membajak dan memberi pupuk kandang. Pemberian pupuk kandang bertujuan untuk memperkaya makanan alami si ikan. Setelah itu kolam atau empang siap diisi air.

Ikan grass carp indukan biasanya dapat berkembang biak di musim penghujan. Indukan yang akan dipijahkan diambil dari ikan yang berusia sekitar satu tahun.

Soal memijahkan ikan Graskap, daripada kepanjangan, next post aja. 

Fakta Unik Ikan Grass Carp (Graskap - Braskap - Baskap)
Masih Meeting

Grass carp paling suka makan ganggang. Tapi, ketika makanan favoritnya itu tidak tersedia, ikan ini bisa memakan segala jenis tanaman air lainnya. Untuk memacu pertumbuhan diperlukan makanan maksimal, seperti rumput gajah maupun rumput lain. Tenang aja, segala jenis rerumputan mereka doyan.

Grass carp termasuk ikan yang cepat besar. Dalam waktu setengah tahun (6 bulan), grass carp yang semula berukuran panjang 20 centimeter bisa berkembang menjadi 45 cm. 


Ukuran ikan dewasa bisa mencapai panjang 120 cm. Yang penting jangan sampai telat makan aja. Makanan utama dan tambahan.

Jadi, enam bulan panen maksudnya adalah jika budidaya Graskap untuk tujuan ikan KONSUMSI.


Disclaimer : Ane gak mau bikin tulisan hoax. 

Cek video ikan graskap milik ane di bawah ini :



Tambahan
 
You know, banyak orang memelihara ikan dan bermimpi ikannya bisa cepat bertumbuh besar. Sayangnya ikan yang dia punya CUMA direndam di air, gak dikasih makan. Mimpi namanya.

Pemberian pakan seminggu sekali, udah full makanan, katanya.

Tergiur literatur di internet, bisa panen ikan hanya sekian bulan, dst, dst. Tapi saat dia terjun di bisnis pembesaran ikan, malah ikannya disuruh puasa. Kan kesian.

Nih kukasih tau, perikanan di luar negeri yang udah modern (pake liner, filter, pake heater, pengatur suhu, Ph, dll, dll) bisa panen ikan konsumsi 6 bulan. Itu ikan dikasih makan bergizi 4 x sehari.

Harusnya Indonesia yang beriklim tropis bisa lebih mudah dari itu.

Foot Note : Postingan iki mung pindahan (edit sitik) seko blog sebelah. Suwe ra diurus nganti email disabled plus domain hangus. Yowes.

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending