Sunday, December 18, 2016

Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter)

with 6 comments
Beberapa poin penting yang membedakan antara Linsang (Prionodon) dan Berang-berang (Otter) adalah sebagai berikut :
  1. Linsang (prionodon - spotted genet) adalah hewan pemanjat pohon yang menghabiskan waktu di atas pohon (arboreal). Sementara berang-berang (otter) adalah hewan semi akuatik (hewan darat yang banyak menghabiskan waktu di air).
  2. Kuku linsang bisa tertarik ke dalam jari (retractable claws) seperti spesies kucing. Sedangkan kuku otter (seperti halnya anggota keluarga mustelidae lainnya), tidak bisa ditarik ke dalam jari (non-retractable claws).
  3. Karakter otter lebih mendekati ferret, sementara karakter linsang lebih mendekati ke bangsa felidae (kucing).
  4. Sebagai hewan semi akuatik, makanan utama otter (berang-berang) adalah ikan meski kadang mereka juga memakan kodok dan hewan air lainnya, sementara makanan linsang adalah tupai, burung, tikus, dan semacamnya.
Untuk lebih jelasnya mengenai Linsang dan Berang-berang, bakalan dibahas satu per satu berikut ini :



PROFIL LINSANG


Linsang adalah spesies yang diklasifikasikan dalam subfamili Prionodontinae dalam famili Viverridae. Ada satu genus Asia Tenggara, yaitu Prionodon. 
Kata linsang berasal dari Bahasa Jawa (linsang atau wlinsang), dahulunya sering SALAH diterjemahkan sebagai otter (berang-berang) dalam kamus Bahasa Inggris. Bahkan sampai sekarang masih banyak orang mengira bahwa berang-berang adalah linsang.
Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen
Lucu kan.. mirip kucing

Morfologi dan Perilaku Linsang :
Secara sepintas, morfologi Linsang terlihat mirip seperti kucing, hanya mempunyai badan yang lebih panjang, dengan kaki pendek, memberikan penampilan yang rendah. 
Semua spesies Linsang memiliki tubuh kekuningan dengan belang-belang hitam (garis-garis, bercak dan noda), meskipun distribusi dan sifat belangnya bervariasi antar spesies. 
Ukuran tubuh Linsang sekitar 30 cm, dengan ekor yang panjangnya dua kali lipat dari panjang badan. 
Linsang bergerak sangat gesit dan cekatan, baik saat di daratan, maupun saat memanjat di pepohonan. 
Saat mengintai mangsa, hewan asli Indonesia ini mengendap-endap dan merangkak dengan perut menyentuh tanah untuk kemudian menerkam mangsanya dengan tiba-tiba. 
Dari karakteristiknya tersebut hewan dengan nama latin Prionodon linsang ini kerap juga dijuluki sebagai ‘Macan Luwak’ atau ‘Musang Congkok’.
Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen
Jadi pengen miara Linsang
Linsang aktif di malam hari (nokturnal), umumnya penghuni pohon soliter. Mereka adalah karnivora, makan tupai, tikus dan binatang pengerat lainnya, burung kecil, kadal dan bahkan serangga.

Linsang terdiri atas dua spesies yaitu Prionodon pardicolor atau Spotted Linsang yang hidup di daratan Asia dan Prionodon linsang atau Banded Linsang yang hidup di Indonesia (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan), Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. 
Linsang menghuni hutan hujan tropis di dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian hingga 2000 meter dpl. 
PROFIL BERANG-BERANG
Berang-berang adalah mamalia semi-akuatik (atau akuatik, pada salah satu jenisnya).
Berang-berang terdiri dari beberapa marga anggota anak-suku Lutrinae, yang bersama dengan jenis-jenis sigung (badger), biul dan pulusan (weasel) membentuk suku Mustelidae. 
Dengan tiga belas spesies dalam tujuh genus, berang-berang memiliki penyebaran hampir di seluruh bagian dunia kecuali Australia. 
Berang-berang adalah binatang rakus dan makanan utama berang-berang adalah ikan.
Namun berang-berang bukan hanya memakan hewan-hewan akuatik seperti ikan, kerang-kerangan, dan hewan-hewan invertebrata lainnya. melainkan berang-berang juga pemakan binatang amfibi, seperti kodok (katak), keong dan mamalia kecil lainnya.

Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen
Wajah sangar mafia.. galak nih..

Morfologi dan Perilaku Berang-berang :
Berang-berang (otter) mempunyai tubuh mirip musang, berang-berang memiliki tungkai yang relatif lebih pendek, dengan cakar yang berselaput (kecuali berang-berang laut), dan mempunyai ekor yang panjang berotot. 
Rambut-rambut di tubuhnya terdiri dari dua lapisan. Bagian luar dengan rambut-rambut yang panjang dan relatif keras (kaku). Sedangkan bagian dalam dengan rambut-rambut yang halus dan lunak. Lapisan dalam ini tidak tembus air dan memerangkap udara di dalamnya, sehingga menjaga kulit berang-berang tetap kering dan hangat meskipun tengah berenang di air yang amat dingin.

Banyak jenis berang-berang yang menghuni perairan yang dingin. Oleh karena itu, berang-berang memiliki laju metabolisme yang tinggi untuk menjaga agar tubuhnya tetap hangat. 
Berang-berang utara memerlukan makanan hingga sebanyak 15% bobot tubuhnya setiap hari, sementara kebutuhan berang-berang laut berkisar antara 20–25% bergantung kepada temperatur lingkungannya. 
Di perairan sedingin 10 °C, seekor berang-berang memerlukan sekitar 100 gram ikan per jam agar tetap bertahan hidup. 
Kebanyakan jenis berang-berang menghabiskan 3 hingga 5 jam perhari untuk berburu mangsanya, dan induk berang-berang yang tengah mengasuh anaknya memerlukan waktu yang lebih banyak, hingga 8 jam sehari.
Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen
Predator lagi pacaran
Seperti disebutkan tadi, ikan merupakan makanan utama bagi berang-berang. Sebagai selingan, berang-berang juga memangsa kodok, udang, dan yuyu (kepiting). 
Jenis berang-berang tertentu pandai membuka cangkang kerang untuk memangsanya, sementara jenis yang lainnya cukup tangkas untuk menangkap burung di habitatnya. 
Kerakusan dan ketergantungan kepada mangsa ini menyebabkan berang-berang bertanggung jawab terhadap penurunan populasi mangsa.

Berang-berang merupakan hewan yang lincah dan aktif, serta pandai berenang. Mereka memburu mangsanya di perairan atau di dasar sungai, danau, bahkan di laut dangkal. 
Kebanyakan jenis berang-berang hidup dan tinggal di dekat air, masuk ke dalam air untuk berburu atau berpindah tempat, namun sebagian besar waktunya dihabiskan di daratan. Kebalikannya, berang-berang laut menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut.
SALAH KAPRAH !!
Salah Kaprah mengenai Linsang dan Berang-berang :

Banyak masyarakat menyebut Linsang untuk menamai Berang-berang, hewan semi-akuatik. Padahal antara Linsang dan berang-berang adalah dua jenis hewan yang berbeda. 
Penampilan Linsang lebih mirip kucing sedangkan Berang-berang menyerupai musang. 
Secara taksonomi, Linsang dan Berang-berang sama-sama berasal dari anggota ordo Carnivora, namun sudah terpisah di tingkat famili, Linsang berfamili Viverridae sedangkan Berang-berang berfamili Mustelidae. 
Agar lebih jelas, berikut ini adalah biodata berang-berang : 

Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen

 
Bahkan dalam situs-situs jual beli hewan online, sering kali dijumpai seller yang menawarkan Berang-berang tetapi dengan menyebutnya sebagai Linsang. 
Atau tidak jarang, keduanya dianggap sebagai spesies yang sama yaitu berang-berang. Padahal SALAH KAPRAH. 
Namun agar lebih ilmiah, berikut ini adalah klasifikasi Linsang :
Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter) mudal kemaningen
  
KESIMPULAN :

Makhluk yang menjadi tersangka pemakan ikan di kolam milik warga adalah berang-berang, bukan linsang.

Kasian sekali Linsang, gak tau apa-apa tapi sering dituduh melakukan kejahatan. Gimana mau berburu ikan sedangkan dia sendiri takut air. 
Semoga postingan pembelaan kepada Linsang ini bisa menjadi pertimbangan para juragan ikan agar tidak semerta-merta menuduh Linsang. 
Yang jelas, artikel ini bukan dalam rangka untuk menghakimi, ataupun menjatuhkan harga diri berang-berang. Tapi hanya untuk meluruskan sejarah. He he..

FYI, ane pun pernah mengalami kejadian horor yang mengharukan, mengagetkan sekaligus menyedihkan. He he.. 
Ikan dalam satu kolam, hanya dalam satu malam, habis dibantai berang-berang. 
Padahal kolam itu mulus berisi indukan ikan kualitas super. Sudah kurawat beberapa bulan. Sudah jutaan kali memijah dan berfungsi sebagai mesin produksi. 
Ternyata suatu pagi hanya tersisa duri-duri dan kepala ikan di sekitar kolam. 
Awalnya juga kupikir linsang pelakunya. Ternyata salah. Berang-berang sialan, Ikan-ikanku dibikin pesta untuk jamuan makan malam. 
Mulai sekarang jangan salahkan Linsang, tapi salahkan diri sendiri. Makanya punya kolam dijaga. Bikin antisipasi biar jauh dari ancaman mafia berang-berang ataupun teror predator lainnya.
Perbedaan Antara Linsang dan Berang-berang (Otter)
Ikannya Mana?
Oleh karena itu, kolamku saat ini sudah kubikin pagar keliling. Rapat dan solid setinggi 2 meter. Walaupun masih berantakan banyak rumput liar, tapi semoga aman dari serangan otter.
Hail Blogger !!

6 comments:

  1. audiens
    ------------
    Mf gan, 2 hewan itu gambar dan data nya kok sama ya... ?

    Agan nulis :
    1. Agar lebih jelas, berikut ini adalah biodata berang-berang : ...

    2. Namun agar lebih ilmiah, berikut ini adalah klasifikasi Linsang : ...

    Tapi gambar dan datanya kok SAMA, yaitu berang-berang... ?

    ReplyDelete
  2. Halo bro, aku mau tanya dong. Selama ini aku selalu salah nyebut Otter itu Linsang karena taunya kalo berang-berang itu Beaver (Castor canadensis). Emang sebutan beaver di indonesia tuh gak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah gan sebutannya apa, ane cuma tau (pernah liat) berang-berang versi otter. Kalo the beaver ane taunya judul filmnya mel gibson dulu. he he..

      Delete

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending