Friday, December 16, 2016

Merubah Header Blog Menjadi Gambar (Foto)

with 0 Comment
Setelah kemarin merubah logo favicon blog sesuai selera. Sekarang saatnya merubah header blog menjadi gambar.

Tutorial mengenai cara mengganti header blog menjadi gambar (foto .JPG, .PNG) udah banyak yang share. Googling aja. Siapa tau nyasar ke blog tutorial blogging milik ane. He he..

Intinya mah, 
1. Siapkan gambar yang akan dijadikan header
2. Klik layout pada dashboard blog
3. Klik edit header
4. Browse (telusuri) gambar yang akan diupload
5. Save, selesai

Super gampang dan tanpa mikir. Blogger amatiran lagi kelaparan kek ane aja bisa, apalagi nganu.

Kalau di blog sebelah mah ane lampirin screenshot (print screen - capture), biar lebih jelas. Namun berhubung blog ini adalah blog personal (bukan blog tutorial), maka males nulis ulang lagi, males upload foto lagi. He he..

Merubah Header Blog Menjadi Gambar (Foto)


Ngapain harus mengganti header default blog menjadi gambar (foto)?

Gak harus. Tapi cuma biar halaman blog tambah warna-warni aja. Biar dikira blogger pro gitu. Memang ada kemungkinan halaman blog jadi tambah jelek. Tapi kalau gambarnya bagus kan malah jadi keren. 

Mau tambah jelek juga biarin lah. Namanya juga usaha. Lagipula blog-blog ku sak karep-karepku. Mau gimana lagi.


Important !!

Beberapa hal yang harus diketahui saat merubah header Blog menjadi gambar (foto), antara lain:

1. Usahakan ukuran (size) foto kurang dari 100KB
Jika foto yang dipakai terlalu besar, maka akan mbeleber kemana-mana. Ane sendiri pakai foto ukuran hanya 50KB di blog ini.

Selain itu, foto ukuran kecil juga bertujuan agar halaman blog bisa fast loading. Capek aja kan kalau buka blog orang tapi lama terbuka. Apalagi pas lagi terburu-buru nyari info urgent, malah lemot, ujungnya problem loading. Kan hamsyong.

Belum lagi kalau blog itu pake pop ads, pas diklik malah lompat-lompat halaman, muncul beberapa windows gak jelas. Close aja blog kek gitu. He he..

Ada juga blogger yang pasang music mp3 gak mutu di blognya. Iya kalau lagunya keren. Kalau lagunya alay kan bisa bikin IQ anjlok mendadak, kuping berdengung dan butuh P3K darurat.

Jangan sekali-kali pasang MP3 di blog, selera orang itu relatif (beda-beda). Jangan memaksakan selera mudsikmu yang cupu kepada visitor. He he..

2. Usahakan memakai foto berformat .PNG
Boleh aja sih pakai format .JPG, asal warna background gambar bisa disesuaikan (disamakan) dengan warna background halaman blog terlebih dahulu.

Contoh warna background blog ini adalah putih, maka gampang. Pakai foto format .JPG gak ada masalah. Karena warna putih (or hitam) adalah netral.

Maksudnya lebih bagus pakai format .PNG adalah agar background foto bisa transparan. Jadi gak bakal mengganggu background halaman blog.

Mau warna background halaman blog mejikuhibiniu juga gak masalah.

3. Udah itu aja


Hail Blogger !!!

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending