Wednesday, November 23, 2016

Info Sesat Pembayaran AdSense IDR Via Wire Transfer

with 13 comments
Banyak informasi menyesatkan yang berdedar di internet mengenai cara setting atau pembayaran gaji Google AdSense via wire transfer (transfer kawat/transfer rekening bank). Bahkan ane baca sendiri di website milik blogger-blogger profesional yang udah malang melintang bertahun-tahun menjadi publisher Google AdSense. Kadang suka bikin geleng-geleng kepala.

Apa susahnya bilang "gak tau" daripada sok tau.

Kasihan para blogger pemula (kek ane.. he he..) yang pengen nyari info urgent, malah disesatkan sedemikian rupa. Mereka gak hanya ngasih info setengah-setengah biar banyak visitor yang komen or nanya-nanya, namun juga menjawab pertanyaan di kolom komentar secara sembarangan, ngarang, asal-asalan, gak valid, hasil kira-kira, dsb, dsb.

Info Sesat Pembayaran AdSense IDR Via Wire Transfer
Mejeng doloo..

Beberapa informasi menyesatkan tentang pembayaran Google Adsense IDR 2016 (versi baru) melalui wire transfer (transfer kawat/transfer bank lokal) misalnya :

Harus memasukkan kode SWIFT

Kode SWIFT Bank hanya diperlukan untuk transfer Google AdSense versi jadul or Google Adsense USD. Untuk Google AdSense versi IDR 2016 sama sekali gak perlu memasukkan kode swift Bank, karena udah otomatis ada pilihannya. 


Ada BNI, BRI, Mandiri, BCA, semua Bank lokal ada, udah otomatis tinggal klik, tanpa menggunakan kode SWIFT tiap bank.


Selengkapnya baca disini :
Kiriman PIN Versi Baru dari Google AdSense

Potongan biaya transfer Bank

Banyak yang bilang earning dipotong sekitar 5% dari total pendapatan Google Adsense, gak tentu tergantung kebijakan Bank juga, itu "mungkin" BENAR. Tapi sekali lagi, kemungkinan itu hanya berlaku untuk Google adSense versi jadul. Untuk Google AdSense versi baru (IDR 2016) sama sekali TIDAK ada potongan.

Jadi jika kita punya saldo nominal Rp. 1.300.488, maka sejumlah itu pula google bakalan transfer ke rekening kita yaitu Rp. 1.300.488 tanpa potongan sedikitpun.

Ane sendiri ada akun Google AdSense versi jadul dan versi baru. Untuk versi jadul, dulu pakai western union, karena gosipnya ada potongan besar via wire transfer. Gak hanya itu, kabarnya dana sering terlambat masuk rekening. Kan ngeri. Dag dig dug kelamaan takut jantungan. Makanya selalu setia menggunakan western union.

Tapi lama-lama capek juga pakai western union, mondar mandir ke kantor pos. Lalu ane ganti via wire transfer untuk primary. Memang dulu itu "sepertinya" ada potongan. Dan agak butuh waktu beberapa hari dana nyampe. Sayangnya ane gak terlalu yakin, karena emang gak ngecek saldo secara pasti.

Namun tadi malam, ane bener-bener mencatat saldo akhir rekening dan saldo setelah dana Google AdSense masuk. Ternyata.. mau Akun AdSense jadul maupun versi baru.. sama sekali gak ada potongan.

Waktu pembayaran via wire transer
Sampai sekarang masih juga digembar-gemborkan oleh para blogger, bahwa pembayaran paling cepat dan paling mudah adalah via western union. Nyatanya pilihan itu udah dihapus oleh Google Adsense versi baru (IDR 2016). Mau bilang apa lagi mereka.

Ane termasuk yang termakan isu itu. Dulu.. semua pembayaran AdSnese ane setting via western union. sampai akhirnya ane punya AdSense versi baru (IDR) dimana gak ada pilihan setting pembayaran via Western Union. Mau gak mau harus pake wire transfer.

Eh ternyata malah lebih mudah, lebih simple, lebih cepat, lebih aman. Kemudian untuk selanjutnya ane bakal setting semua payment menggunakan tranfer kawat. Behubung ane punya rekening bank terbatas, maka bertahap.

Tapi intinya, setiap tanggal 21 tiap bulan dana bakal ditransfer oleh google. Menurut Google Support, maksimal dana masuk 10 hari kerja, menurut email notifikasi 5 hari kerja. Kenyataan ane biasanya 1-2 hari dana udah masuk. 

Info Sesat Pembayaran AdSense IDR Via Wire Transfer
Maksimal 5 hari kerja

Menurut pengalaman ane maksimal tanggal 23 dana udah masuk rekening. Kalau beruntung hanya beberapa jam setelah dapat email notifikasi.

Asal tau aja, dari kemarin sampai tadi malam bener-bener ane cek, refresh berkali-kali. Ternyata tanggal 22 sekitar jam 11.00 WIB dana udah masuk ke rekening bank lokal milik ane.

Alhamdulilah yah..

Kesimpulan :

  • Akun Google AdSense versi baru (IDR) TIDAK butuh kode Swift untuk pembayaran via wire transfer
  • Wire transfer akun Google AdSense jadul (USD) maupun versi baru (IDR) TIDAK ada potongan biaya sama sekali
  • Waktu yang dibutuhkan super cepat, hanya beberapa jam, tapi normalnya 1-2 hari kerja, dan maksimal berdasar email notifikasi adalah 5 hari kerja, seangkan berdasarkan support google maksimal 10 hari kerja

13 comments:

  1. sangat membuat saya puas gan , terima kasih infonya (y)

    ReplyDelete
  2. kalau akun adsense lama, perlu verifikasi bank gak ya? baca-baca di blog lain untuk akun adsense IDR ada verifikasi dulu lewat transfer sejumlah tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau gajian via wire transfer wajib verifikasi rekening dulu, nanti ditransfer sama google asia pasific sejumlah uang nominal tertentu (tiga digit rupiah) yang tujuannya dijadiin kode unik saat verifikasi di akun adsense

      Delete
    2. nah itu dia masalahnya gan, saya jadi ragu soalnya kok gak di minta verifikasi..akhirnya settinganya saya kembalikan ke WU hhe

      Delete
    3. verifikasinya via transferan 3 digit (kode unik) itu gan, dilihat sendiri (secara manual) di rekening koran.. minta transkrip ke CS bank.

      Delete
  3. Tapi kenapa adsense punya gw belum versi yg terbaru ya gan?

    Gw pakek transfer kawat Bank Mandiri, tapi sampai sekarang tgl 24 belum juga gajian masuk ke rekening gan😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau, gan.
      soalnya punyaku, akun adsense 2016 kesini udah IDR semua. udah setingan otomatis pake wire transfer.

      Delete
  4. Di sini tidak dijelaskan Bank yang ente pake Bank apa saja. Sekalian atuh jadi rekomendasi untuk memakai bank tersebut yang memang sudah teruji ke-gratisannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini ane udah pake beberapa bank. Ada bni, btn, bca, bri, mandiri. Semua gak ada potongan, alias gratis.. tis..

      FYI, ane ada beberapa akun adsense, bukan maksud sombong, lagipula gak semua akun ane bisa PO tiap bulan. ada yang 6 bulan sekali, ada yang 3 bulan sekali, dst.. dst..
      intinya, semua pake wire transfer, dan sama sekali gak ada potongan..

      Delete
  5. Hi,
    saya baru gajian bulan ini dr adsense. Jadi mau tanya nih, PIN udah di verifikasi, nomor rekening juga udah, tinggal tunggu gajiannya aja. ( udah lewat dr treeshold ) tapi sekarang tanggal 21 dan masih blm ada confirmation email atau tanda2 kalau mau transfer nih. Sebenernya gajiannya tanggal 21 Indonesia apa 21 Amerika ya ?
    Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales 2 bulan kemudian, he he.. dan pastinya pertanyaan udah kejawab sendiri kan..
      btw selamat udah dapat gaji dari Google.. moga lancar terus bulan-bulan berikutnya..

      Delete
  6. Thanks gan infonya.
    Lagi dag dig dug nunggu gajian pertama dari om google :)

    ReplyDelete

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending