Wednesday, November 23, 2016

Bikin Garden Bed untuk Tanaman Chai Biar Greget

with 0 Comment
Awalnya dulu bikin pagar bambu (gedek) ini adalah untuk persiapan media tanam jahe, namun karena ada media yang tersisa (daripada mubazir) trus dipakai untuk menanam sayuran sembarangan. Apa aja ditanam di situ. Kalau abis nemu biji apapun, trus disemai di situ. Alhasil, karena acak-acakan, gak ada yang beres hasilnya.

Beberapa waktu kemudian, muncul ide untuk ditanami tanaman sejenis aja biar terfokus. Kebetulan masih ada beberapa stock biji sayuran hasil oleh-oleh. Ada biji sawi, bentoel, choy, kubis, cabai, tomat, terong, macam-macam pokoknya.

Sebagai seorang youtuber maniak, maka kucari-cari video luar negeri tentang cara menanam sayuran yang paling greget. Ternyata biasa aja, gak ada yang menarik. Kebanyakan hanya kebun minimalis di belakang rumah menggunakan garden bed. Penampakannya persis seperti media dalam pagar begini.

Bikin Garden Bed untuk Tanaman Chai Biar Greget

Menanam sayuran skala kecil, biar bisa dikonsumsi sehari-hari, memakai polybag atau pot udah terlalu mainstream. Mending pakai garden bed ala video youtuber bule. Cara ini memang paling cocok dipakai di sekitaran rumah.

Namun berhubung ane bikin ini di kebun, maka skalanya lebih besar.

Foto di atas adalah ketela rambat yang baru ditanam. Masih layu baru ditanam. Sebagai contoh foto garden bed aja. 

Harapannya nanti kalau panen bisa untuk dimakan waktu berteduh di kabin saat hujan turun. Bikin api unggun lalu bikin ketela bakar. Kan enak.

Daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan tambahan. Ikanku paling doyan makan daun ketela, entah ketela pohon (ubi/singkong) or ketela rambat. Bahkan rerumputan juga rakus.

Enaknya miara ikan, apa aja dimakan.

Next Chapter
 
Masih ada beberapa garden bed yang kosong. Lagi sibuk milih-milih biji sayuran yang mau ditanam. Maksudnya dengan cara berkonsultasi ke temen-temen yang lebih paham gitu. Nanya-nanya soal sayuran yang paling gampang dirawat, sayuran yang cepet panen, dll, dll.

Belum sampai memutuskan mau ditanami apa, tiba-tiba dikasih tau temen, bahwa ada satu titik area di kebun yang berisi tanaman cai (chai, atau apapun namanya), kudu cepet-cepet dipindah ke lokasi yang lebih aman.

Bikin Garden Bed untuk Tanaman Chai Biar Greget


Yaudah trus garden bed difungsikan untuk tanaman chai. Gak tau deh nama ilmiahnya apa or tulisannya gimana. Yang jelas, di daerahku, sayuran ini dinamai cai (atau chai, chay, cay, whatever). Biasanya dipakai untuk campuran gorengan. 

Di Wonosobo ada gorengan dinamai tempe kemul, geblek (cimol), biasanya sayuran ini sebagai campurannya. Entahlah ngaruh atau enggak.

Yang ane tau, sayuran ini harganya lumayan karena main di margin. Bisa panen seminggu sekali, dan gak pernah habis. Selalu regenerasi setiap waktu.

FYI, beberapa waktu sebelumnya, tanaman chai ini hanya ada 7 helai. sekarang udah ada 3 garden bed full.

Bikin Garden Bed untuk Tanaman Chai Biar Greget

Perawatan tanaman chai juga sangat gampang, tinggal ditabur pupuk organik sesaat setelah panen (abis dicukur). Lalu mereka bakalan tumbuh gondrong berantakan hanya dalam waktu seminggu. Lalu dicukur lagi, dikasih pupuk lagi, gondrong lagi. Gitu terus sampai pegel.

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending