Sunday, September 18, 2016

Welcome to My Small Scale Fish Farm

with 0 Comment

Finally, kolam ikanku udah beres. Walau masih banyak kekurangan di sana-sini. Tapi Insya Allah bisa disempurnakan sambil jalan. Sisanya tinggal perawatan (baca : ngasih makan). 

Perjuangan paling membutuhkan komitmen saat memelihara ikan (or merawat binatang apapun) adalah pemberian pakan. Selain butuh waktu dan tenaga, juga butuh budget. 
Gampang bikin keputusan, berat menjaga konsistensi.
Untungnya.. soal waktu dan tenaga udah skip, urusan ngasih makan ikan, banyak kawanku yang sukarela membantu. Jadi tinggal sediakan budget untuk membeli pakan ikan dan taruh itu di cabin (translation : gubuk) kolam.

Pintu Ajaib
Bahkan sengaja beli kunci gembok yang isinya ada 4, biar bisa dibagi-bagi. Biar hobi keliling dunia gak terganggu. Walau sebulan di sini, sebulan di sana, bulan depannya dimana.. ikan-ikanku gak kelaparan.

Sebagian orang pengen memelihara ikan, namun takut gak punya waktu dalam hal perawatan (gak sempet, sok sibuk, sok penting, ekting gayanya kek pejabat, pura-pura workaholic padahal nothing, opolah, opo meneh). 

Padahal simpel, tinggal bikin kolam yang banyak, trus kasih satu atau dua kolam kepada seseorang. Dengan syarat.. dia mau merawat kolam punya kita. Jadi kita (owner kolam) tetep bisa jalan-jalan, tanpa kepikiran ikan lagi apa, makan pake apa.

Persoalan ada ikan yang mati, itu urusan sang pencabut nyawa. Yang penting udah berusaha bikin kolam yang layak dan ngasih makan yang banyak.

Hail Tom's - Bukan ane yang nulis itu


Job desc nya (read : kerjaannya) juga gak ribet-ribet amat. Pertama, cuma ngasih makan tiap hari, beberapa menit juga kelar. Kedua, panen larva (anakan ikan).. alias baby fish (fries) setiap minggu. Ketiga, sortir ikan setiap dua bulan sekali. Sisanya maintenance kolam, kali aja ada dinding kolam yang bocor, atau ada pipa yang mampet (tersumbat). Udah gitu aja.

Sebenernya sih.. asalkan stock voor (por/pelet) jangan sampai telat. Banyak orang yang hepi (dengan senang hati) ngasih makan ikan tanpa diminta tolong pun. Karena mereka lucu kalau lagi rebutan makan, penghilang stres katanya, yang penting kolamnya punya air jangan butek, dan kuantitas ikan hiasnya dibanyakin.

Detik-detik (proses) pembuatan kolam beton, biar air kolam tetap jernih.





Baca Jangan : 
  1. Bikin Kolam Ikan di Wonosobo
  2. Maling Jahanam !!
  3. Prospek Budidaya Ikan di Kolam Tanah
  4. Serangan Otter (Berang-berang)
  5. Solusi Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Kolam udah jadi..
Saatnya melebarkan sayap mencari pengalaman baru lagi..

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending