Saturday, August 13, 2016

Pemasaran Jahe Gajah

with 1 comment
Sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis jahe gajah, ada baiknya pelajari dulu seluk beluk dunia jahe gajah. Salah satunya adalah mengenai pemasaran jahe gajah.

Jahe gajah berbeda dengan jahe emprit maupun jahe merah, karena jahe gajah sejatinya bukan barang dagangan di pasar. Melainkan untuk diproses menjadi produk olahan. Sebagian disetor ke pabrik pengolahan jahe untuk dibikin produk jadi, sebagian lagi untuk pasar eksport ke luar negeri. Dan sisanya (yang gak lolos quality control) baru diobral di pasar sayur. 

admanda.com - Pemasaran Jahe Gajah
Jahe dalam pagar gedek (bambu)
Kalau mau dijual ke pedagang pasar secara langsung juga silahkan. Bawa aja tisue yang banyak, siapa tau bakalan nangis di pojokan. He he..

Karena mereka (pedagang pasar) bakalan membeli jahe dengan harga yang super rendah. Namun gak semuanya, ada pula yang berani dengan harga lumayan, asal hasil panen mau diambil bertahap per 10 kg tiap pekan. Ha ha..

Maka harus diketahui bagi para petani, bahwa target pemasaran jahe gajah yang paling utama adalah perusahaan eksport-impor dan pabrik-pabrik pengolah jahe.

Masalahnya, yang tau mekanisme (proses) penyetoran ke perusahaan ini adalah para pengepul jahe. Mereka punya semacam komunitas (jaringan - organisasi), dan juga link (orang dalam) sehingga bisa menembus kontrak dengan perusahaan. Proposal, surat-surat maupun sertifikat mah hanya simbolis (katanya), padahal semuanya udah diurus.

Penjualan jahe gajah melewati jalur pengepul ini ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya hanya satu, yaitu mereka sanggup membeli berapapun kuantitas jahe gajah yang dipanen. Sedangkan kekurangannya.. banyak.

admanda.com - Pemasaran Jahe Gajah
Ini tunas jahe, bukan pohon bambu

Tapi minimal ada 4 kemungkinan yang akan dialami petani jahe gajah, seperti di bawah ini:

Harga jual jahe lagi rendah, malah stock melimpah

Setiap musim panen jahe gajah (musim kemarau), pabrik pengolahan jahe maupun perusahaan peng-ekspor jahe membutuhkan stock dalam jumlah besar. Pada masa awal-awal pembukaan, harga jahe gajah bakalan anjlok. Camkan ini!

Walaupun perusahaan mempunyai standard harga. Namun pengepul bisa mempermainkan harga ini di level petani. Banyaknya petani jahe yang setor hasil panen kepada pengepul inilah yang membuat jiwa kapitalis sang pengepul jahe muncul. Maka pengepul bisa memonopoli harga pembelian jahe dari para petani.

Harga jual jahe lagi tinggi, malah gak punya stock

Ini juga bikin kesel, giliran harga jahe lagi melambung tinggi, malah kita gak punya stock. Dalam artian, jahe yang kita tanam masih belum siap panen, atau bahkan belum mulai menanam sama sekali. Kan cedih..

Jadi kapan harga jahe akan melambung tinggi?

Yaitu saat permintaan besar, sedangkan penawaran kecil.

Yaiyalah.. tapi kapan?

Di satu waktu, hal ini terjadi ketika banyak para petani jahe yang gagal panen. Ketika jumlah petani jahe yang panen hanya sedikit, maka harga akan melambung tinggi. Yaitu terjadi saat perusahaan kekurangan stock, sedangkan mereka mempunyai target setoran yang harus dipenuhi. 

admanda.com - pemasaran jahe gajah
Persiapan pagar bambu (analogi polybag) untuk menanam jahe gajah
Misalnya perusahaan ekspor jahe, mereka punya kontrak dengan pihak luar negeri untuk setor jahe dengan kuantitas (jumlah) tertentu dan kualitas (mutu) yang udah ditentukan pula serta wajib disetor dalam jangka waktu sesuai perjanjian. Jika target gak terpenuhi, maka dianggap wanprestasi. Bisa kena pinalti, dan kontrak pun bisa hangus.

Maka pengepul maupun perusahaan ekport jahe ini bakalan pusing juga kalau petani jahe gajah banyak yang gagal panen. Oleh karena itu mereka berani membeli dengan harga tinggi.

Berarti (kapan harga jahe gajah melonjak) gak bisa diukur dong berarti?

Bisa kok.. tanam aja jahe gajah disaat petani lain gak ada yang menanam, anti mainstream katanya. Jadi nanti panen sendiri. Namun siap-siap repot aja, karena intensitas perawatan jahe bakal lebih berat.

FYI, musim tanam jahe adalah serempak, yaitu setiap awal musim penghujan. Jika nekad menanam jahe di musim kemarau, bakalan capek.

Harga jual jahe lagi rendah, tapi gak punya stock

No comment..

Harga jual jahe lagi tinggi, dan punya stock berlimpah

Ini yang paling dinanti para petani jahe gajah. Siap-siap jadi milyarder dadakan. Sayangnya, kejadian semacam ini sangat jarang terjadi. Pengepul jahe gajah bukan orang bodoh.

admanda.com - Pemasaran Jahe Gajah
Jahe sistem bedeng
 
Trus gimana solusinya?

Jika proposalmu ditolak perusahaan, maka carilah pasar luar negeri lalu bikin perusahaan eksport sendiri. Kalau gak bisa bikin ijin eksport, maka carilah jasa forwarder. Banyak kok tukang shiping gitu, asal siap modal aja.

Tapi kalau belum mampu semuanya, satu-satunya solusi, tanam jahe gajah di awal musim penghujan seperti petani normal lainnya. Lalu tunda musim panen sampai harga benar-benar tinggi.

Jangan terpancing saat melihat petani lain panen. Jika harga pasar masih belum memuaskan, jangan buru-buru dipanen. Tahan aja, puasa dulu. He he..

Diklik jangan:
  1. Budidaya Jahe Indonesia Memecahkan Rekor Dunia
  2. Harga Jahe Bulan Juli Tahun 2016 - New!
  3. Persiapan Media Tanam Jahe dalam Pagar

Disclaimer :
Coretan di atas tanpa editing, tanpa re-read, tanpa re-write. Kalau ada yang salah biarin aja. 

Blog-blogku, sak karep-karepku

1 comment:

  1. #epoxysemarang #epoxyyogyakarta #epoxyjogja #epoxysolo #epoxysragen #epoxytegal #epoxypekalongan #epoxypurwokerto #epoxyjateng #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxybekasi #epoxytangerang #epoxyserang #epoxycilegon #epoxybanten #epoxyjabar #epoxysurabaya #epoxygresik #epoxypasuruan #epoxymalang #epoxypandaan #epoxyjatim #epoxybali #epoxylampung #epoxysumatra #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #jinggarayaepoxy

    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    22. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    23. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048
    Www.jinggaraya.com
    Support@jinggaraya.com
    Jinggaraya.coating@gmail.com

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    ReplyDelete

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending