Saturday, August 13, 2016

Kiriman PIN Versi Baru dari Google AdSense

with 0 Comment
Bulan lalu ane mendapat kiriman PIN dari Google AdSense. PIN ini berupa 6 digit angka, dalam kemasan amplop yang dikirim ke rumah. Fungsinya adalah untuk verifikasi alamat Publisher AdSense. Google ingin memastikan bahwa publishernya adalah real human (manusia asli, bukan gadungan).

Ternyata dari penampakan luar (amplop) PIN AdSense ini berbeda daripada versi lama. Dalemnya sih sama aja. Entah kenapa Google suka banget merubah-rubah tampilan. Kadang menjadi lebih bagus, kadang malah menjadi jelek. 

admanda.com - Versi Baru Pin Google AdSense
Tampilan amplop pin Google AdSense yang baru
Begitu pula tampilan dashboard AdSense, sering banget berubah. Kadang (yang tadinya udah paham tools-nya di luar kepala) malah jadi bingung lagi. Di sisi lain, bagi publisher yang awalnya belum benar-benar menguasai, malah semakin bikin frustasi. 
Ok, i'm lost..
Seringnya terjadi perubahan tampilan, maka para Blogger yang hobinya bikin tutorial blogging juga harus update postingannya lagi. Misalnya: Beginilah Penampakan PIN Adsense Versi Baru, Cara Memasukkan PIN AdSense Versi Terbaru,  Cara Request PIN AdSense Versi Anyar, Cara Baru Verifikasi Alamat Rumah, Cara Gue Verifikasi Rekening Bank untuk PO AdSense.

Atau semacam tutorial gak penting lainnya seperti: Cara Membuka Amplop PIN AdSense Ter-update, Cara Setting Metode Pembayaran AdSense Indonesia, Cara Request PIN AdSense yang Kedua, Cara Request PIN AdSense yang Ketiga, PIN AdSense tak Kunjung Datang.. Begini Caranya, dst, dst.

Lumayan lah dapat materi baru, walaupun isinya sama aja. Upgrage aja tampilannya terus, Mbah.. biar kita bikin tutorial bisa update terus. Ha ha..


Upgrade atau Downgrade

Amplop PIN Adsense udah berubah penampakan. Menurutku, kualitas kertasnya lebih jelek. Mau ngirit mungkin, menekan biaya produksi.

Atau mungkin karena stock amplop PIN GA (Google AdSense) versi lama udah abis. Jadi mending sekalian bikin versi baru yang lebih ramah lingkungan.
Protes aja, siapa lagi yang mau menggaji orang pemalas seperti kamu setiap bulan.. selain Google, heh?
Verifikasi Alamat Rumah

PIN AdSense bakalan otomatis dikirim ke alamat rumah jika saldo rekening AdSense udah mencapai MINIMAL Rp. 130.000 (Seratus Tiga Puluh Ribu Rupiah), atau (kurang lebih) setara 10$. 

Untungnya, udah ada kantor Google Indonesia (di Jakarta), jadi udah gak ada lagi cerita "PIN AdSense gue gak nyampe-nyampe". Pengalamanku terakhir kemarin, dalam 2 minggu PIN AdSense udah nyampe rumah.
admanda.com - Versi Baru Pin Google AdSense
Bukan dari California
Pastikan alamat yang ditulis adalah alamat lengkap, asli (bukan fiktif) dan mudah dijangkau. Bisa alamat kantor, alamat orang tua, alamat temen, dsb. Yang penting akses gampang, biar Pak Pos gak bingung. Sekaligus biar kita gak perlu request PIN yang kedua, apalagi ketiga. 

Makanya saat udah diterima sebagai publisher Google AdSense (atau yang penting.. sebelum rekening AdSense mencapai saldo 10$), langsung ganti nama dan alamat yang bener. Kalau udah terlanjur alamatnya ngawur yah terpaksa request PIN lagi. Tenang aja, ada tiga kali kesempatan request.

Nama yang dipakai juga bebas, asalkan beneran ada orangnya (bukan fiktif). Maksudnya.. gak harus menggunakan atas nama kita sendiri. Bisa atas nama ortu, sepupu, nama temen, dsb. Asalkan sesuai alamat yang tertera, biar Pak Pos gak nyasar salah orang.

Saat PIN Adsense udah diterima, tinggal buka laptop lalu masukin PIN ke rekening Adsense. Gampang kok, anak TK lagi sakit demam juga bisa. Udah ada petunjuknya di situ. 
admanda.com - Versi Baru Pin Google AdSense
Petunjuk di sisi kiri
FYI, dulu ane kalau daftar AdSense pake alamat ngawur di Kalimantan, NTB, bahkan Papua. Konon, Google lebih suka publisher dari yang berasal dari pelosok. Dulu sih manjur, gak tau sekarang. Kalau udah full approved, baru ganti alamat yang bener.

Metode Pembayaran Google AdSense Indonesia
Untuk AdSense Versi terbaru, semua publisher wajib menggunakan metode pembayaran wire transfer atau transfer kawat,  alias rekening bank. Gak ada lagi option metode gajian via Western Union. Mata uang yang dipakai publisher AdSense Indonesia juga udah seragam (disamakan), yaitu menggunakan mata uang Rupiah. Dengan minimun PO (Pay Out) sebesar Rp. 1.300.000 (Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah). 

Gaji dari Google AdSense ini bakalan ditransfer otomatis pada tanggal 21 setiap bulannya. Asalkan saldo penghasilan di rekening AdSense udah mencapai minimum pembayaran (PO setara 100$). Maka bakalan OTOMATIS ditransfer ke rekening Bank Lokal yang kita pilih sendiri. Tenang aja, gak ada potongan biaya.

Jadi, semisal saldo rekening AdSense kita sebesar 5 juta, maka duit 5 juta itu akan ditransfer semua. Kan yang penting udah di atas 1.3 juta. 
admanda.com - Versi Baru Pin Google AdSense
Saldo Mengenaskan
Namun bagi pengguna  AdSense versi lama (versi jadul/lawas), masih tetap menggunakan dollar, dan tetap bisa menggunakan Western Union. Walaupun pas cair juga tetep aja pakai mata uang rupiah, ha ha..

Seperti terlihat pada gambar di atas, rekening lawas ane masih pakai dollar. Akun AdSense itu kupasang di blog ane yang ini (he he.. kampanye ah, wajib dibuka loh) -->> PENYU

Verifikasi Rekening Bank Lokal (atau Nasional)

Seperti disebutkan tadi, khusus pengguna baru AdSense Indonesia wajib menggunakan transfer rekening. Setelah verifikasi alamat udah beres, maka tahap selanjutnya adalah verifikasi rekening Bank.

Kode verifikasi rekening Bank bakalan dikirim Google sekitar 1-10 hari semenjak kita fixed verifikasi alamat. Kode unik ini berupa 3 digit angka yang bakalan ditransfer ke rekening Bank yang kita pilih. Jadi Google bakalan transfer uang (Rupiah) sebesar Rp. 100 - Rp. 999 ke rekening yang udah kita pilih itu.

Misalnya kita punya rekening Bank Mandiri, dan udah menetapkan rekening Bank Mandiri itu sebagai alat transfer pembayaran. Maka kita harus rajin ngecek transferan sebesar 3 digit dari Google ini. Bisa cek rekening koran via ATM kalau Bank nya keren.

Pengalaman ane kemarin, 5 hari setelah verifikasi alamat, ane baru sempat meluncur ke Bank untuk meminta rekening koran. Maklum, rekening Bank ane yang satu ini gak ada fasilitas ngecek rekening koran via ATM. 

Lalu karena bingung (rekening koran di buku tabungan ane acak-acakan), kemudian ane tanya mbak CS nya "Transferan dari Google yang mana?". Mbaknya pun ikut bingung. Kemudian dia pakai cara lain, yaitu bikin transkrip (rekening koran lagi pakai kertas lain lagi), dimana disitu ditemukan tulisan "Google Asia Pasific". Maka udah fixed, 3 digit itulah transferan dari Google.


Nyampe rumah, langsung buka laptop, buka AdSense, klik metode pembayaran, trus masukin 3 digit (kode unik) tadi untuk verifikasi rekening Bank. Gampang kok, nenek-nenek nol pendidikan yang lagi sakit meriang juga bisa melakukannya. Udah ada petunjuknya di situ. 
admanda.com - Versi Baru Pin Google AdSense
Kasihani, Pak..
Selesai deh. Metode pembayaran udah berhasil ditetapkan. Tinggal nunggu gajian setiap tanggal 21. He he.. gajian darimana, orang saldo baru 300 ribu aja sombong. 

FYI, akun AdSense di atas ane pasang di blog admanda ini dan channel youtube ini Thomas Admanda (promosi lagi.. like, comment and subscribe ya, he he..). Liat kan, penghasilan ane masih recehan. Bisa dilihat di bagian bawah gambar, penghasilan channel youtube ane pada bulan juli kemarin cuma 130 ribu, dan yang paling menyedihkan.. penghasilan blog ini, sebulan hanya 4 ribu rupiah. Ha ha.. gak papa yang penting terus berkembang.

Maklum aja, blog ini baru kubikin 3 bulan yang lalu. Tepatnya tanggal 17 Mei 2016. Jika dilihat dari tanggal posting artikel memang sejak tahun 2015. Namun jangan percaya, itu cuma salah satu trik blogger untuk mendaftar menjadi publisher AdSense biar diterima, yaitu dengan memundurkan tanggal postingan. Biar dikira blog lawas super keren, gitu. He he..
Cukup promosinya.. !! Next point..

Verifikasi Alamat dan Verifikasi Bank

Di blog ane yang lain, yaitu blog khusus tutorial blogger dengan admin karakter fantasi (gak mau promosi, rahasia soalnya, jangan sampai ada orang tau kalau blog itu punyaku.. he he..), banyak orang nanya (kebingungan) soal 2 tahap yang harus dilakukan sebelum pencairan gaji Adsense ini, yaitu tentang verifikasi alamat dan verifikasi Bank. Bedanya apa, atau profil harus sama.

Ane katakan: Tenang aja, alamat yang kita tulis sebelumnya (saat verifikasi alamat) TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan rekening bank yang kita pakai untuk transfer pembayaran.

Maksudnya, misal kita pakai alamat temen, namun rekening yang kita pakai adalah rekening pacar, itu gak masalah. Asalkan sang pacar gak kabur bawa duit kita, ha ha..  
Emang punya pacar, Mblo?
Yang penting, kita bisa mengakses keduanya, baik alamat maupun nomor rekening bank, semua beres. 

Bilang aja ke temen bahwa kita mau pinjem (nitip) alamat, trus pesen ke temen kita itu (si empunya alamat): "Besok kalau ada kiriman dari Google, kabarin ya.." 

Abis itu trus pinjem rekening pacar dan bilang: "Besok tanggal 21 ada dana masuk, jangan seneng dulu, itu bukan duit nyasar, melainkan duit gue, paham?"

FYI, saat ini.. ane sendiri punya 8 akun AdSense Non-Hosted, dan puluhan akun AdSense Hosted. Bayangin aja.. mau nyari pacar dimana lagi, he he.. 


Blogging :

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending