Friday, August 5, 2016

Solusi Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah

with 0 Comment

Memelihara koi di kolam tanah ternyata sangat merepotkan. Ikan koi hobi sekali bikin terowongan di bawah dinding kolam, entah nyari makan atau bikin tempat persembunyian. Yang jelas, dinding kolam jadi sering collapse (runtuh) karena disedotin mulu sama koi.

Budidaya koi di kolam tanah adalah capek
Berhubung ikan koi suka ngerusak dinding kolam, maka pemilik koi harus rajin maintenance kolam (ngecek – nangis – perbaikin). Pengalamanku, dinding kolam tanah selebar satu meter pun sering rembes, banyak lubang (goa – terowongan) dimana-mana. 

Jadi ragu, apa mungkin ikan koi juga hobi harakiri (bunuh diri). Bayangin kalau dinding kolam sampai jebol, memangnya mereka bisa hidup tanpa air.

Miara koi di kolam tanah adalah gak masuk akal
Koi adalah ikan hias, namun bukan jenis ikan yang pantas dipelihara di akuarium. Mereka bagus dilihat dari atas, bukan dari samping, maka yang paling cocok adalah dipelihara di kolam. 

Namanya juga ikan hias, gunanya untuk dipandang. Penghilang stress katanya. Namun apadaya jika ikan koi ditaruh di kolam tanah, yang ada kita hanya bisa melihat lumpur. He he..

Koi sangat suka ngobok-ngobok kolam, mau ngajakin petak umpet mungkin. Ini karena koi berasal dari negara Jepang. Ninja kalau mau cabut, dia banting mercon asap lalu kabur. Begitu juga koi, dia ngubek-ngubek dasar kolam untuk menyamarkan diri. Alhasil, air kolam menjadi keruh berkabut.

Lalu apa gunanya miara koi, sedangkan yang bisa dilihat hanya air berwarna cokelat seperti kofimik.

Koi adalah ikan hias elite
Mereka hanya layak ditaruh di kolam air jernih. Jika ikan koi nekad ditaruh di kolam air keruh, maka siap-siap corak warnanya akan memudar. Bahkan bisa berubah menjadi polos. Masak iya yakuza gak punya tatto. Gak jadi sangar deh.
 
Biar lebih aman, kalau mau miara ikan koi.. mendingan kolam tanah dilapisin plastik atau terpal. Di luar negeri mah pakai pond liner, di Indonesia gak ada.. gak ada duit untuk beli.. maksutnya, ha ha.. Nah kalau nanti udah ada duit.. pakai aja kolam fiber, atau bikin kolam beton. Biarin aja ikan koi capek nyedotin tembok.

Transformation of My Koi Ponds
 
Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Masih pondasi

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Bikin pola


Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Pagar dulu

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Ya gitu

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Mulai nampak

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah
Taraaa..
Satu kolam beton untuk koi udah jadi, biarin netral dulu airnya, daripada si koi pada mabok. Bulan depan Insha Allah lanjut bawahnya, lalu sebelahnya, dan seterusnya, dan seterusnya. 

Dibuka jangan :


Blog-blog ku.. sak karep-karepku..

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending