Wednesday, June 29, 2016

View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan

with 0 Comment

Ada 2 channel baru yang kubikin hampir bersamaan, sekitar satu setengah bulan yang lalu. Dua-duanya merupakan channel dengan niche abadi, yaitu berisi video-video tutorial. Semua unik (video original) tanpa musik. Masing-masing channel (sampai saat ini) hanya berisi 6 video berdurasi 1-2 menit. Semua ijo (bisa dimonetisasi) dan upload video juga dilakukan secara serempak bersamaan di masing-masing channel. Tak ada pilih kasih.. he he..

Bedanya, satu channel berisi tutorial lucu-lucuan (berlagak bego), satunya lagi tutorial serius (berlagak pintar). Tujuannya hanya iseng, riset kecil-kecilan aja untuk membandingkan 2 channel itu. Siapa juaranya..


View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Abaikan foto ini..
FYI..
Niche (topik) abadi adalah niche yang berlaku sepanjang jaman. Misalnya niche komedi, kesehatan, tutorial, dll. View mungkin lebih rendah, tapi stabil. Bisa update kapan aja (asal teratur), tanpa kuatir channel tenggelem. Nilai iklannya tinggi, otomatis penghasilan juga besar.

Niche non-abadi (musiman) adalah niche yang hanya booming sebentar. Misalnya niche berita, gosip artis, dll. View mungkin meledak (bahkan menjadi viral), tapi gak akan bertahan lama. Harus rajin update sesuai perkembangan situasi, atau channel bakalan tenggelam. Nilai iklannya rendah, penghasilan minim.

Intinya.. masing-masing niche punya kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini.. view youtube yang tinggi tak selalu berbanding lurus dengan earning yang diperoleh.

Pemilihan niche video sangat mempengaruhi penghasilan. Maka sebagai creator video yang kerjaannya mengeruk dollar dari youtube, harus pandai-pandai menentukan topik.

View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Kembar identik beda nasib
Pertanyaannya..
Apa yang terjadi.. saat membandingkan 2 channel yang sama-sama punya niche abadi? Dimana 2 channel itu mempunyai umur dan kualitas yang sama.

Bahkan anatomi, fisiologi, sifat dan karakter maupun durasi juga sama. Opo meneh iki.. 


CEKIDOT :

CHANNEL 1


View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Konten video tutorial lucu-lucuan.
Status : Mengenaskan


CHANNEL 2

View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Konten video tutorial seriusan
Status : Menggemaskan



Yang pasti.. dua channel yang ane bandingkan di sini pure tanpa promosi. Ane kurang suka nyepam di forum-forum terbuka atau social media.

Sengaja earning gak ane tampilin. Disamping takut dianggap pamer, lagipula dua-duanya belum PO (pay out) karena belum mencapai 100 $. Bahkan belum bisa request pin, karena earning masih dalam status perkiraan, artinya belum real masuk rekening.

Maklum.. umur channel baru satu setengah bulan (masih bayi - bulan ini belum beres – tanggal tua – belum direkap).

Takutnya udah tiwas pamer, malah kena banned. Ha ha kan cedih..

Tapi bulan depan (beberapa hari lagi – sebelum tengah bulan), setelah earning masuk (direkap), udah bisa request pin. Itupun kalau channel bisa selamat.

Saat ini statusnya masih estimated earning (perkiraan penghasilan), tapi udah lebih dari 10 $. He he.. lebih banget malah.

Kabarnya.. saat request pin (minimal earning 10 $), channel bakalan (diam-diam) di review ulang. Alias, bakalan ada uji kelulusan lagi. Apa channel ini tetep bisa lanjut berpartner dengan youtube.. atau enggak. Layak dikasih pin untuk PO (gajian) nantinya.. atau enggak.

Bikin deg-degan aja.. mudah-mudahan lolos deh.

View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Abaikan foto ini juga..
Maklum.. alogaritma youtube (kabarnya) berubah setiap bulan. Karena banyak youtuber main black hat (curang). Jadi kudu disaring berkali-kali. Apalagi Indonesia, gudangnya orang re-upload video, gudangnya orang copy paste. Banyak orang pengen kaya raya secara instant. Indonesia juga gudangnya orang dengki. Ada orang main white hat (lurus) pun masih aja dirusuhin.

Apalagi kalau dilihat dari situasi Channel 2, perkembangannya terlalu pesat (untuk ukuran ane). Takutnya dikira fraud, dianggap ane curang. Atau mungkin ada yang rusuh, ngasih bom klik misalnya.

You know.. robot perayap google gak punya perasaan, kalau ada yang janggal dan mencurigakan.. bisa langsung main pecat tanpa ampun. Ane sendiri udah beberapa kali dipecat, dan berkali-kali ditolak saat mengajukan banding. Ha ha.. ciyan.

Tapi yang penting mah.. main jujur aja. Channel dibanned youtube bukan berarti kiamat. Masih banyak jalan rezeki yang lain. Biarin aja orang lain punya earning gede dari black hat, gak berkah.

Lagipula rezeki gak akan tertukar, yang penting usaha maksimal. Biarkan Sang Pemberi Rezeki yang menilai.

Apalagi ane masih punya puluhan channel yang lain.. ha ha..


Channel 1 VS Channel 2

Ane berani sumpah, Tuhan penguasa langit dan bumi sebagai saksinya. Walaupun earning ane sensor, tapi faktanya.. untuk sementara ini.. per tulisan ini dipublish..

Jeng.. jeng.. jeng..


Earning Channel 1 masih LEBIH BESAR daripada Channel 2

Ane pun bingung, kenapa bisa begitu. Padahal dari sisi view, subscriber, like and share maupun komentar.. Channel 2 jauh lebih unggul melampaui channel 1.. sejauh-jauhnya. Namun dari sisi penghasilan, kok Channel 1 malah lebih besar.

View Youtube Tak Menentukan Besarnya Penghasilan
Abaikan juga foto ini..
Disclaimer :
Mungkin ini cuma keanehan yang hanya terjadi di channelku. View ratusan VS view ratusan ribu.. masak earning lebih gedean yang view ratusan. Kan super aneh..

It's called.. super anomaly..

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending