Thursday, June 2, 2016

Ternyata Nyamuk Ada Manfaatnya !!

with 1 comment
Opening
Sebelum membahas nyamuk, ada makhluk aneh lain bernama tikus. Tikus adalah binatang pengerat, pemakan segala. Sepanjang hidupnya didedikasikan untuk menyusahkan manusia. 

Saat tikus mati, kadang masih juga merepotkan. Bangkai tikus sangat menyengat, seringkali membuat jengkel manusia. Apalagi kalau gak tau darimana asalnya, dimana letak bangkainya. Hidup jadi hama, udah mati juga masih bikin perkara. Lalu manfaatnya apa di dunia? 

Sama halnya dua kaum laknat, Gog dan Magog (Ya'juj dan Ma'juj). Hidup jadi pembantai, mati ninggal bau bangkai. Hidup jadi perusak, mati jadi sampah. Manfaatnya apa?
Allah mustahil menciptakan makhluk tanpa ada manfaatnya.
Behind the story
Saat duduk-duduk lesehan di suatu tempat tongkrongan bareng kawan-kawan. Ngobrol kesana kemari, sampai akhirnya obrolan masuk ke ranah ketuhanan. Lalu muncul pertanyaan dari seseorang. Dengan gaya meremehkan sambil jarinya nunjuk-nunjuk lantai, entah apa maksudnya. "Tuhan menciptakan nyamuk buat apa ?? Manfaatnya apa bagi manusia ??" 

cara membasmi nyamuk secara alami
Foto cuma ilustrasi
Lalu terdengar jawaban yang saling bersahutan. "Biar ada pabrik baygon", "Buat kasih makan cicak", "Buat gangguin tidurmu" dll, dll.

Tapi semua jawaban ditolak, seolah itu adalah jawaban mentah. Diapun terlihat bangga, seolah pertanyaannya paling jenius, gak akan ada jawabannya. 

Belum puas, dia pun menantang semua orang di situ untuk menjawab satu-persatu, bergiliran. Padahal dia juga belum menyanggah, ataupun membantah jawaban yang tadi.

Mungkin dia gak akan pernah puas dengan semua jawaban. Berkali-kali dia bilang "Kasih jawaban kongkret manfaat nyamuk buat manusia !!". Entahlah apa maksudnya. Karena berdebat dengan orang model begini gak akan ada ujungnya. Tinggal tidur aja kalau bisa.
Sebagian orang suka berdebat untuk mencari kemenangan, bukan mencari kebenaran
And My Answer is...
Manfaat nyamuk bagi manusia, secara umum padahal udah dijawab tadi. Biar manusia menjadi kreatif, memutar otak, melakukan banyak riset, dsb, dsb. Sehingga bisa menciptakan berbagai penemuan baru untuk membasmi nyamuk. 

Misalnya obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik, lotion anti nyamuk. Ada Baygon, Hit, Tiga Roda, dll. Atau nyiptain raket nyamuk dan banyak sekali alat pembasmi nyamuk yang lain. Coba hitung sendiri berapa jumlah manusia yang menjadi karyawan di pabrik Autan atau Soffel? Bukankah itu bermanfaat, menciptakan lapangan kerja. Awalnya gara-gara nyamuk kan? 

Sebagian orang gak ngerti bahwa ada manfaat nyamuk secara gak langsung bagi manusia. Tapi maunya cuma menerima manfaat kongkret (secara langsung). Aneh kan..

Atau gini..
Bisa juga Tuhan memang sengaja menciptakan makhluk yang belum (atau gak akan) diketahui manfaatnya oleh manusia. Akal manusia gak akan (atau belum) nyampe. Hanya Tuhan sendiri yang tau manfaatnya. Bisa jadi kan..

Simpel, gitu doang jawabannya.

Ending
Saat seseorang mempunyai syubhat di kepalanya (mbulet-mbulet).
Gak akan ada manusia yang bisa menolong. Karena hanya Allah yang mampu mengangkat syubhatnya.  Manusia hanya diperintahkan untuk berusaha. Ngasih tau mana yang benar, ngasih jawaban yang mudah dipahami, menyadarkan dengan cinta. Soal keberhasilan, itu urusan Tuhan.

Memang kadang ada sejenis manusia yang.. sekalipun udah dikasih jawaban paling canggih, dia masih gak terima. Awalnya kita pengen diskusi, malah dikira ngajak berdebat, hanya karena pendapatnya gak boleh disalahin. Orang model begini, karungin aja, dipipisin, bandulin jangkar, lalu ceburin laut kasih makan hiu. 

manfaat nyamuk bagi manusia
Masak manfaat nyamuk aja gak tau. Malu sama tikus lewat.

Disclaimer 
Blogger pro bilang : "Konten blog opini jangan terlihat menggurui"
Ane bilang : "Blog-blog ku, sak karep-karepku"

1 comment:

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending