Thursday, June 23, 2016

Budidaya Jahe Indonesia Memecahkan Rekor Dunia

with 5 comments
Budidaya jahe lagi booming di Indonesia. Sebagai master jahe yang udah jutaan tahun malang melintang (bergelut dan bergumul) dalam dunia perjahean, ikut senang juga. Akhirnya banyak petani melirik, bahkan beralih ke budidaya jahe.

Rasanya itu.. seperti anak TK yang awalnya sosiopat, lalu tiba-tiba mempunyai banyak teman baru.

Budidaya Jahe Indonesia Memecahkan Rekor Dunia
Gak ada yang sadar kamera.. kecuali gueh..
Menurut info dari Emak di kampung, bahkan beberapa kali ane dicariin orang datang ke rumah, katanya tertarik budidaya jahe, pengen belajar, dsb, dsb. 

Tapi berhubung ane jarang di rumah, paling kuminta tinggalin nomerku.

Udah kek guru besar aja, ha ha.. padahal sih gak tau apa-apa. Yang paham teknisnya kan si Parman dan si Oren (kawanku yang jadi PJ operasional kebun jahe). Merekalah profesornya, dosen ane di kebun. Ane mah baru maba semester awal. Ha ha..

Masalahnya..
Banyak nubi (pemain baru) termotivasi budidaya jahe bukan karena bukti nyata keberhasilan para senior pelaku budidaya jahe. Bukan melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana perjuangan petani jahe. Apalagi ikut magang di kebun merasakan pahit manisnya budidaya jahe.

Melainkan mereka hanya tergiur isu (cerita fiktif) yang beredar di masyarakat (dan internet). Yaitu tentang mudahnya budidaya jahe dan penghasilan petani jahe yang bisa bikin semua orang ngiler karena mengalahkan gaji anggota DPR. 


Alhasil, para nubi (yang malang) ini tanpa dibekali pengetahuan (dan pengalaman yang cukup) trus langsung memutuskan untuk terjun bebas.

Budidaya Jahe Indonesia Memecahkan Rekor Dunia
Temen Baik VS Temen Jahat
Kenapa terjun bebas? Karena keberanian mereka sangat keterlaluan. Mental mereka memang patut diacungi jempol. Mereka mau-maunya nekad mengeluarkan modal besar hanya atas dasar isu, bukan ilmu. Bahkan tak jarang mereka nekad menggunakan uang pinjaman hanya untuk merintis budidaya jahe.

Isu yang Beredar..

Banyak sekali isu yang beredar, diantaranya:
  • Panen jahe satu polybag/karung bisa mencapai 20 kg
  • Harga jual jahe 20 ribu per kg
  • Lahan sempit (sekelas pekarangan rumah) bisa menghasilkan uang puluhan juta per tahun
  • Masa tanam jahe bisa dilakukan secara periodik (per bulan sepanjang tahun)
  • Teknis budidaya jahe yang super gampang
  • Atau sekedar eksportir jahe lagi kekurangan pasokan
  • Dan masih banyak lagi

Tersangka pembuat isu

Siapa yang menghembuskan mitos-mitos tadi? Siapa yang meniupkan racun-racun itu? Siapa yang berani menipu para petani? Tak lain dan tak bukan.. mereka adalah tim marketing perusahaan.

Iya, merekalah para sales penjual bibit jahe, pupuk bokashi, suplemen organik tanaman maupun pupuk organik jahe (padat maupun cair), dan berbagai macam produk abal-abal lainnya, dst, dst.

Mereka menjual obat-obatan yang diproduksi skala home industry, tapi menjanjikan hasil yang jauh melebihi riset ilmuwan paling jenius di dunia .

Budidaya Jahe Indonesia Memecahkan Rekor Dunia
Ane bukan sales Aqua
Promosi mereka sangat heboh dan bombastis. Bahwa budidaya jahe sangat menggiurkan. Bahwa budidaya jahe adalah cara mudah untuk kaya raya. Bahwa banyak alumni produk mereka udah jadi milyarder dadakan.

Mereka berkampanye sangat gencar layaknya caleg. Bahkan menjanjikan sesuatu di luar akal sehat. Memberi harapan palsu di luar logika tanpa dasar ilmiah yang valid. Tentu dilengkapi banyak testimoni (kesaksian) petani jahe abal-abal dan sukses story abal-abal juga. Jauh melampaui MLM.

Hanya satu kelemahan mereka, yaitu gak punya bukti kongkret. Yang ada hanya video settingan, foto editan, testimoni karangan.

Alternatif solusi
Saat mereka bilang bahwa panen jahe 1 polybag bisa mencapai 20 kg, maka sumpal mulut mereka dengan pupuk kandang. Saat mereka bilang lahan 1 x 3 meter bisa menghasilkan jahe 1 ton, buruan taburi muka mereka menggunakan tanah pekarangan.

Saat mereka bilang harga jahe 20 ribu per kg, suruh mereka menjadi pembeli. Bikin perjanjian tertulis bermeterai di depan notaris.

Capek dueh..
Percayalah, mereka hanya memberi harapan kosong belaka. Walaupun awalnya terlihat sangat meyakinkan.. namun ujungnya kita diminta membeli produk mereka. 

Kita dipaksa membeli bibit jahe, pupuk bokashi, atau suplemen organik tanaman di tempat mereka dengan harga selangit. Padahal di pasaran juga banyak (dengan kualitas yang lebih tinggi dan harga yang jauh lebih murah) di toko pertanian.

Percayalah, mereka hanya sampah masyarakat, beraninya menipu orang kecil level petani.

Yang bener gimana?

Sejak jaman dinosaurus, rumus budidaya jahe selalu sama. Yaitu 1 kg bibit jahe bisa menghasilkan 10 kg panen jahe. Ukuran panen jahe yang sukses kurang lebihnya segitu.

Jika sales obat jahe ini bilang bahwa menanam 1 – 3 rimpang tunas jahe (kecil mungil) itu dalam polybag, kemudian dalam waktu 10 bulan bisa berkembang menjadi 20 kg.. itu namanya imajinasi terlalu tinggi, fantasi yang kelewatan, mimpi di siang bulet-bulet bolong tengahe.

Sampai ke ujung dunia pun gak akan ditemui panen jahe sebegitu fantastisnya. Karenya faktanya.. 1 polybag jahe menghasilkan 1 kg aja, itu udah paling asek-asek jos.

Gak percaya? Coba aja pergi ke China yang tergolong negara maju dengan teknologi pertanian modern. China termasuk eksportir jahe top dunia. Di China lahan 1 hektar paling hanya menghasilkan 50 ton panen jahe.

Bayangkan jika ada orang Indonesia (negara non maju – pertanian tradisional) yang bilang bahwa lahan ukuran 1 x 3 meter bisa menghasilkan 1 ton panen jahe. Kurang besar gimana lagi mulut orang indonesia yang satu ini.. minta disobek-sobek.

Abaikan gambar ini
Kalau emang bener demikian, harusnya Indonesia udah menggemparkan dunia. Masuk majalah TIME, lalu ilmuwan NASA berbondong-bondong meneliti kesuksesan budidaya jahe di Indonesia, diliput BBC, CNN, NatGeo, Al-Jazeera dst, dst.

Iya, karena Indonesia udah memecahkan rekor dunia, panen jahe 1 hektar menghasilkan ribuan ton. Dan Indonesia bakalan menjadi eksportir jahe level akhirat yang tidak mungkin terkalahkan sepanjang masa.

Bersambung..

5 comments:

  1. Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Anda harus membayar rekening pinjaman untuk menghubungi kami bila pemberian pinjaman serendah tingkat bunga 2%, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui e-mail andmoris38@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Nilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, menjadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Pinjaman Bunga:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar dulu;
    16) tanggal lahir;

    Terima kasih,
    Ibu Christian

    ReplyDelete
  4. Dear Loan Seeker's!

    We are Abdul Wei Financial Group! We offer accessible & affordable loans to individual and companies world wide. If you're still wondering if it's possible to secure loans without collateral or low credit score, well, it is possible. We offer loans at 3% ranging from US$50,000.00 to US$100,000,000.00. Contact us for more information e-mail: abdulweifinancialgroup@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Dear Loan Seeker's!

    We are Abdul Wei Financial Group! We offer accessible & affordable loans to individual and companies world wide. If you're still wondering if it's possible to secure loans without collateral or low credit score, well, it is possible. We offer loans at 3% ranging from US$50,000.00 to US$100,000,000.00. Contact us for more information e-mail: abdulweifinancialgroup@gmail.com

    ReplyDelete

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending