Monday, May 30, 2016

Dilema Menjadi Blogger

with 1 comment
Di luar negeri, blogger udah menjadi profesi yang dihargai. Di Indonesia, masih sekedar dianggap hobi. Banyak blogger sukses di Indonesia, namun jika dibanding dengan penduduk Indonesia yang over populasi, profesi ini masih minim persentasi. Mereka para blogger profesional, hanya menjadi superstar dalam dunia blogging. Diluar itu, pekerjaan mereka dianggap gak berarti.

Memang semua orang bisa menjadi blogger. Sebagian besar karena menulis adalah hobi. Sebagian lagi karena ingin berbagi informasi. Menciptakan prestasi maupun sensasi, atau hanya sekedar keinginan menghibur melalui blog komedi. Sedangkan sisanya, hanya copas sana sini.
 
Dilema Menjadi Blogger

Di Indonesia, yang dimaksud profesi adalah PNS dan Karyawan. Petani dan Nelayan, mereka hanya dijadikan bahan tertawaan. Buruh, mereka dianggap kaum rendahan. Sedangkan wiraswasta, masih dipandang miring, gak punya masa depan. Bahkan seringkali diantara mereka malah dianggap pengangguran. Padahal semua orang tau bahwa pengusaha sukses juga berawal dari usaha kecil-kecilan.

Memang banyak orang gak punya kerjaan yang mengaku-ngaku mempunyai bisnis ini dan itu, padahal serabutan. Mungkin mereka sedikit berbohong, tapi itu hanya untuk menjaga harga diri dan kehormatan dari hinaan kalian.

Di samping semua itu, banyak juga wirausahawan yang emang berjuang mati-matian. Seringkali bisnis baru mulai jalan, kalian yang mengaku kawan malah justru hobinya minta gratisan. Kawan dan lawan menjadi lebih sulit dibedakan.

Wirausaha, mempunyai bisnis barang dan jasa. Mereka punya produk yang nyata. Banyak godaan maupun rintangannya. Itupun masih dihina. Lalu bagaimana dengan blogger yang  hanya punya bisnis di dunia maya. Pasti semakin banyak mulut besar yang dihadapinya.

Skip.. skip.. skip.. Lalu Tamat. Daripada semakin ngelantur. 

BTW, keren kan puisinya.. he he.. huek..

1 comment:

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending