Thursday, April 14, 2016

Tentang Prospek Bisnis Cengkeh

with 8 comments
Dengan sangat antusias kawanku Jonet bercerita mengenai bisnis jual-beli cengkeh, baik cengkeh basah maupun cengkeh kering. Cengkeh adalah tanaman pohon musiman yang bisa dipanen setahun sekali. Kata Jonet, hampir setiap tahun polanya sama.. dan sangat jelas. 

Saat musim panen harga akan turun drastis dan saat masa pemulihan (pertengahan diantara panen satu dengan yang lain) harga melambung tinggi. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang tinggi berbanding terbalik dengan jumlah stock yang ada.

Yang menarik adalah, biji (bunga?) cengkeh kering bisa ditimbun. Bahkan semakin lama ditimbun akan semakin bagus, semakin wangi katanya. Jadi Jonet berniat untuk membeli biji cengkeh saat masa panen, ditimbun beberapa bulan, lalu dia jual ketika harga tinggi. Rumus yang sangat sederhana, nenek-nenek lagi sakit demam pun pasti bisa memahaminya. 

Kabarnya, banyak orang mendadak kaya raya dengan rumus sederhana ini.

Tentang Prospek Bisnis Cengkeh
Foto ABG Bau Cengkeh Pamer Daun

Terdoktrin
Dan ane adalah tipe orang yang gampang terpengaruh. Mendengar rumus itu, otakku otomatis panas, karena kebetulan saat itu adalah tepat saat musim panen cengkeh

Bayangin aja, harga cengkeh saat itu (musim panen) hanya 25rb per kg, tapi sekitar 6 bulan kemudian dipresiksi harga bisa mencapai 150rb per kg, naik 6 kali lipat. Fluktuasi harga setiap tahun memang seperti itu, selalu sama. Siapa yang gak ngiler. Easy money, pikirku.

Action
Besoknya, bersama Jonet dan Kanthil (nama kawanku yang lain) ngumpulin semua duit yang dipunya. Bahkan Si Kanthil (anak nakal mencuri timun) nekad pinjam uang tetangga sebesar 5 juta rupiah. Lalu kami berangkat keliling penjuru kota wonosobo sampai ke pelosok-pelosok, dalam misi mencari petani cengkeh.

Seharian penuh kita keliling melewati segala medan. Setiap ada kebun cengkeh kita datangi, setiap ada satu pohon cengkeh di pinggir jalan kita cari yang punya. Bahkan sesekali motorku kehabisan tenaga di jalanan menanjak di suatu pedesaan. Namun ternyata tak satu butir pun biji cengkeh yang kita dapat. 

Emejing sekali!! Semua udah sold out, alias terjual. Sebagian besar dengan sistem tebas (hasil panen dibeli sebelum berbuah), sebagian lagi sudah punya pembeli tetap, dan sisanya mau dipanen sendiri oleh si empunya. 

Kita pulang dengan tangan hampa.

Prospek Kebun Cengkeh
Tapi ada fakta lain tentang cengkeh yang kami peroleh saat berkeliling itu.
  • Ternyata, pernah terjadi pada suatu masa, bahwa di wonosobo terdapat banyak perkebunan cengkeh dan banyak orang sukses lantaran menjadi petani cengkeh. Namun (konon) karena permainan harga oleh Keluarga Cendana, harga cengkeh di pasar anjlok gila-gilaan selama bertahun-tahun. Alhasil kebun cengkeh dibabat habis-habisan oleh para petani, bahkan ada kebun cengkeh yang habis dibakar karena si empunya terlanjur emosi lalu diganti dengan komoditi lain. Dan sekarang, mereka (saksi hidup - para veteran petani cengkeh) pada menyesal melakukan itu. Karena sekarang harga cengkeh kembali normal. 
Dulu, hampir setiap halaman rumah di sini, ada pohon cengkeh. Di sana ada kebun cengkeh, disana ada kebun cengkeh, bahkan di pinggiran jalan situ banyak berjejer pohon cengkeh. (By veteran petani cengkeh)
  • Ternyata, satu pohon cengkeh yang masih kecil lucu-lucu itu rata-rata ditebas sebesar satu juta rupiah setiap periode panen. Kira-kira (mungkin) diameter pohon lucu yang kumaksud sebesar 15 cm. Semakin besar diameter batang pohon, semakin tinggi harganya. Karena biji cengkeh yang dihasilkan juga semakin banyak. Tergantung kualitas pohon juga sih. FYI, ada satu pohon cengkeh super besar di daerah kepil ditebas 200 juta setiap tahun. EMEJING !!  DUA RATUS JUTA, GAAAN !! Kata si empunya, pohon itu dulu yang menanam adalah si embah buyut. Enak banget jadi cicitnya..
Tentang Prospek Bisnis Cengkeh
Masih kecil, belum ada yang berbunga

Walaupun ane dan kawan-kawan waktu itu gak jadi kaya mendadak gara-gara cengkeh. Namun kita seperti mendapat pencerahan. Banyak informasi yang didapat tentang prospek bisnis cengkeh. Selama produk olahan cengkeh masih ada (minyak atsiri, obat-obatan, jamu, kosmetik, dll, dll - rokok putihan kayaknya udah enggak pake cengkeh)

Intinya, kemungkinan besar.. prospek bisnis cengkeh masih sangat bagus (sampai puluhan tahun ke depan)

Banting stir
Daripada kelamaan nunggu setahun (musim panen tahun depan), mendingan sembari menanam pohon cengkeh sendiri. Sementara susahnya mencari petani cengkeh yang mau diajak bertransaksi, kuputuskan menjadi petani cengkeh sendiri. 

Eh gak sendirian juga, karena kawanku Si Kanthil juga akhirnya ikut menanam bibit cengkeh di kebunnya. Sementara Si Jonet (yang punya ide awal bisnis cengkeh) justru gak bisa menjadi petani cengkeh, karena gak punya lahan. Ciyan..

Riwayat di atas terjadi sekitar 3 tahun yang lalu. Dan berikut ini adalah foto-foto pohon cengkehku saat ini. Kufoto beberapa hari yang lalu.

Tentang Prospek Bisnis Cengkeh
Padahal udah gak sabar pengen panen
Tentang Prospek Bisnis Cengkeh
Tanaman jahe gajahku di sekitar, bagus ya..

Iya, akhirnya kuputuskan untuk menanam pohon cengkeh sendiri. Entah berapa jumlah bibit yang kutanam waktu itu. Pokoknya banyak. Harga bibit cengkeh saat itu 10-25rb. Aku beli senilai jutaan rupiah dari Sukorejo (Kab. Kendal). Kira-kira sebulan kemudian, baru Si Kanthil juga ketularan menanam bibit cengkeh. 

Si Kanthil Anak Nakal
Entah dapat angin darimana, mendadak jiwa bisnis Si Kanthil muncul, dia lalu buka lapak jualan bibit cengkeh. Siapa orang mau menanam bibit cengkeh, bisa pesan ke dia. Dasar emang kelakuannya kadang-kadang suka begitu.

Alhasil, beberapa waktu kemudian banyak orang di sekitar kampungku ketularan menanam pohon cengkeh. Awalnya hanya ada belasan orang yang ikut-ikutan. Entahlah sekarang udah jadi berapa. Ane sendiri gak tau apa-apa, karena begitu selesai kutanam bibit cengkeh yang banyak itu, langsung berangkat ke semarang. Baru dapat kabar itu pas pulkam Wonosobo beberapa bulan kemudian. Tapi gak apa-apa. Yang penting, ane udah start duluan.. mudah-mudahan panen duluan. Ha ha..

UPDATE :
PANEN CENGKEH PERDANA (Klik untuk menuju link)

8 comments:

  1. Bro, ane punya pohon cengkeh banyak tapi bingung mw jual cengkeh nya
    tw org yang biasa beli cengkeh apa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi dimana gan?
      Kalau di tempat ane (wonosobo) ada pengepul cengkeh..
      gudangnya ada di jalan tengah, sebelah utara polres wonosobo..
      buka setiap hari, karena banyak komoditi lain juga, gak cuma ngepul cengkeh, (sayangnya gak menerima jahe hehe)
      udah berdiri puluhan tahun..
      harga standar, menerima cengkeh unlimited kuantiti

      Delete
  2. saya juga ada cengkeh basah dan kering. ada info yang biasa beeli cengkeh ngga ya ?? daerah mana aja bisa saya antar asalkan masih di pulau jawa..

    Boleh share info contact yang biasa jual cengkeh ga ??

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kontak pengepul ane gak punya gan, langsung aja ke lokasi.. (pastinya seperti komen ane di atas)

      Delete
  3. saya punya beberapa pohon cengkeh tapi pas mulai berbunga trus rontok masih kecil2 belum siap panen itu gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI, ane juga nubitol. Namun setau ane ada dua kemungkinan. Pertama karena cuaca, mungkin ujan lebat jadi bunga cengkeh pada rontok kena angin dan derasnya air hujan. Yang kedua, pohon cengkeh kekurangan kalsium (or kalium, entahlah), kasih aja pupuk NPK tapi dibanyakin persentase K nya..

      Delete
  4. Kami Membeli/Menerima :

    BIJI PALA CANGKANG
    BIJI PALA KUPAS
    FULI / BUNGA PALA
    KUNYIT IRIS/RAJANG KERING
    KAPULAGA
    CENGKEH
    LAOS / LENGKUAS
    KOPI GREENBEAN ARABIKA & ROBUSTA

    Lokasi penerimaan : Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Makassar, Medan, Lampung

    Jika anda ingin menjual/mensupply kepada kami, silakan menghubungi bagian pembelian sebagai berikut :

    Hp/WA : 081330266662
    PT. AGRO INTI BERJAYA
    agrointiberjaya@yahoo.com
    https://agrointiberjaya.wixsite.com/agrointiberjaya

    ReplyDelete
  5. Saya mau menawarkan kebun cengkeh Tanah + kebun cengkeh produktif
    Luas: 9,8ha
    Surat: SHM milik pribadi
    Sertifikat ada 4
    Jumlah pohon: 1300 sudah produktif
    1200 pohon umur 3thn dan siap panen tahun berikutnya
    Thn 2016 panen 21Ton.

    Lokasi
    Dari jalan di atas 5 menit menuju lokasi dan jalan aspal sampai lokasi pak,,mobil masuk sampai lokasi kebunnya
    Alamat lengkap : desa : cikendung
    Kecamatan: pulosari
    Pemalang- jawa tengah
    Semua data dokumen dan sertifikat ada dirumah.
    Harga 14M Nego ditempat
    Hub: Bapak Adi Harjo
    Telf/wa 082135912320
    Trimakasih.

    ReplyDelete

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending