Thursday, April 7, 2016

Rahasia Dibalik Buah Jambu Biji

with 0 Comment
Jambu biji mengandung vitamin C dosis tinggi. Bahkan kandungan vitaminnya melebihi buah jeruk. Apanya yang rahasia? Semua orang udah tau. Gak ada rahasia di sini, hanya biar judul postingnya beracun aja. Ha ha.. Tapi bagi yang belum tau, selengkapnya bisa baca di sini : Buah Jambu Biji, Vitamin C Dosis Tinggi.  

Foto di bawah ini adalah penampakan buah jambu biji di kebunku. Entah jenis apa, tapi kulitnya sangat renyah, bijinya berwarna merah.

Rahasia Dibalik Buah Jambu Biji
Ini asli tanganku, bukan foto google image

Makan buah jambu biji ternyata bisa bikin kenyang juga, iyalah kalau makan banyak. Mirip seperti makan nasi (padahal itu karbohidrat). Lebih enak makan jambu biji yang tidak terlalu matang. Cirinya, buah masih berwarna hijau muda, tekstur masih agak keras (renyah), lebih manis rasanya. Karena jika buah jambu biji sudah terlalu matang, maka akan banyak mengandung air, tekstur lebih lembek, berwarna kekuningan dan rasanya tidak terlalu manis. Gak penting banget kan blog ini.

Bibit jambu biji ini dulu kudapat dari sentra kebun jambu Jawa tengah, yaitu dari Sukorejo. Sama juga pohon cengkehku, juga dari Sukorejo. FYI, kebun jambu di Sukorejo beneran gila-gilaan. Aku pernah beberapa kali ke sana. Coba datang kalau gak percaya, siapa tau tertarik mau pesta jambu.

Baca juga : Pohon Jambu Biji Merah dari Sukorejo

Rahasia Dibalik Buah Jambu Biji
Jangan makan jambu campur es cendol, rasanya jadi aneh

Tips makan jambu biji : Makanlah buah jambu selagi segar (fresh) baru dipetik. Karena jika tidak langsung dimakan, maka buah akan layu, kerenyahan akan berkurang. Dan kemungkinan, vitamin C yang terkandung di dalamnya pun akan berkurang. Tapi gak tau juga, soalnya belum pernah bawa ke laboratorium

Jadi intinya, jika memetik buah jambu biji tapi mau dimakan nanti belakangan, simpanlah di lemari pendingin, biar tetap segar. Jangan disimpan di akuarium kek abang-abang penjual buah keliling. Aquarium mahal-mahal dikira keranjang, bukannya buat miara ikan malah dijadiin tempat buah. Kan sayang akuariumnya..

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending