Monday, October 12, 2015

Pohon Jambu Biji Merah dari Sukorejo

with 0 Comment
foto Pohon Jambu Biji Merah Sukorejo
Buah Jambu Biji Merah

Ini adalah salah satu pohon jambu biji yang ada di kebunku di Wonosobo. Bijinya berwarna merah. Lebih renyah dan lebih enak daripada buah jambu yang bijinya berwarna putih. Dibawain kawanku Jonet dari Sukorejo, Kendal. 

Mudah-mudahan pohon Jambu ini gak mati di tengah jalan. Foto ini diambil sekitar 5 bulan setelah ditanam. Ternyata perkembangannya luar biasa. Baru 5 bulan ditanam buahnya udah merajalela. 

Foto Pohon Jambu Biji Merah Sukorejo
Jambu Close Up

Adalah Si Parman dan Si Oren, kawanku yang standby mengatur operasional kebun ini, karena rumahnya yang paling dekat kebun. Katanya, buah pohon jambu ini sudah sering dirontok sama ABG-ABG labil para pemburu buah di kawasan situ. Tapi buahnya masih tetep banyak.

Saat ini hanya ada 2 pohon jambu di kebun. Belum ada rencana untuk memperbanyak. Walaupun katanya bisnis jambu sangat menggiurkan. Panen berlimpah dan masa panen bisa 2x per minggu. Artinya, saldo rekening kita harusnya bisa nambah seminggu dua kali kalau mau menekuni bisnis jambu ini. 

Tapi sayang, menurut info dari petani jambu di Sukorejo, panen memang berlimpah, tapi perawatannya gak main-main, alias bikin ngelu (pusing). 

Foto Pohon Jambu Biji Merah Sukorejo
Buah nyampe ke bawah-bawah

Untuk standard jambu biji yang dijual di pasaran, syaratnya harus bersih dan mulus, bebas ulat atau binatang lain. Intinya harus enak dipandang mata agar bisa diambil pengepul. Untuk memenuhi kriteria itu, caranya yaitu dengan membungkus satu per satu buah jambu sejak masih kecil-kecil (anakan) menggunakan kantong plastik. Padahal satu pohon bisa berisi ratusan buah jambu. Kan capek, kasian tukang bungkusnya. Gimana cara mbungkusin anakan jambu satu demi satu. Baru dibayangin aja udah ngelu. 

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending