Monday, October 12, 2015

Bisnis Persemaian Bibit Cabai Rawit

with 0 Comment

Menyemai bibit cabai rawit sebegini panjangnya bukan untuk ditanam sendiri, tapi untuk dijual per meter. Satu meter harganya 50k, ada juga yang 40k kalau kerapatan bibit cabenya agak nganu.

Waktu untuk menyemai cabe memang paling bagus saat musim hujan. Jadi gak perlu nyiram tiap hari, yang penting pada waktu malam ditutup plastik (atau paranet) untuk melindungi bibit cabe. Kasian masih kecil ntar masuk angin kena hujan malam.

Bisnis Persemaian Bibit Cabai Rawit
Salasun lagi ngasih minum anak-anaknya

Adalah Salasun, kawanku yang bertanggung jawab untuk menyirami lahan persemaian cabai saat hujan tak kunjung datang. Kadang suka gak enak sendiri jika persediaan air di kebun habis dan hujan gak turun berhari-hari. Kawanku ini harus membawa air dari rumahnya pake jerigen-jerigen besar itu. 

Makanya, jika ingin membuat persemaian (tanaman apapun) memang lebih baik dilakukan saat musim hujan. Kecuali lokasi persemaian dekat dengan sumber air. 

Masalahnya, masing-masing petani di daerahku mempunyai waktu tanam berbeda-beda. Mereka udah kek broker forex (pialang saham) yang setiap waktu harus tau update harga pasar. Mereka selalu memantau perkembangan jaman, agar bisa menentukan musim tanam.  

Semua orang tau kalau fluktuasi harga cabai di pasar emang suka gak jelas polanya. Jangan sampai udah habis modal banyak, malah harga anjlok tepat di musim panen. Bisa gila mendadak, karena untuk menjadi petani cabai membutuhkan modal yang relatif besar (sangat besar malah).

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending