Monday, October 12, 2015

Menanam Daun Bawang di Polybag Depan Rumah

with 0 Comment
Menanam Daun Bawang di Polybag
Daun bawang di polybag depan rumahku

Lahan sempit gak akan jadi masalah. Gak akan menghalangi bagi orang yang hobi berkebun, sekalipun hidup di perumahan padat penduduk

Cara paling sederhana adalah dengan menanam sayuran di pot atau polybag. Jika yang lain punya koleksi tanaman bunga di halaman rumahnya, jangan iri. Cobalah menanam sayur, anti mainstream biar gaul.

Menanam daun bawang
Daun bawang adalah  tanaman sayur yang mudah hidup dan cocok ditanam dimana aja (atau tanaman lain seperti sawi, chai dan cabai juga bisa). Lumayan untuk masak atau sekedar untuk campuran mie instant atau goreng telur dadar. Apalagi untuk jenis manusia seperti saya, masak-masak sendiri. Sangat lumayan. Ha ha.

Asal punya bibit dan media tanam, semua beres. Bibit bisa diperoleh di warung (atau pasar) saat membeli sayur. Pastikan beli daun bawang yang masih ada akarnya. Tinggal tancap ke tanah gembur di sekitaran rumah.  

Kalau ane mending pakai pot atau polybag, botol mineral atau ember bekas, dsb, tujuannya biar lebih terkontrol.

Kalau kurang puas, atau sulit mendapat daun bawang yang masih ada akarnya, atau emang pengen menanam dalam jumlah yang lebih banyak, beli aja benih daun bawang kemasan sachet di toko pertanian. Harga termurah 10rb an, di Mall juga banyak. Bahkan pernah liat harga 8rb, ukuran sachet lebih kecil dari kemasan shampo sachetan (sa-setan?).


Persemaian
Caranya juga sederhana, sebar aja benih di tanah yang gembur. Kasih pupuk lebih bagus. Bisa pupuk organik, atau pupuk cair, di toko pertanian banyak, harga macam-macam, murah kok. Gak pake pupuk juga gak papa asal tanahnya bagus. 

Daun bawang adalah tanaman sayur yang bisa hidup dimana aja, tahan banting, anti hama, anti bacok, kebal peluru, dll. Perawatannya gampang, cuma disiram air secara teratur biar pertumbuhan bagus, kemudian lakukan penyiangan gulma (cabut rumput pengganggu) kalau sempat. Siram Pakai air teh lebih bagus lagi untuk penyubur, biar ada tambahan pasokan unsur hara. 

Panen
Yang paling menyenangkan, daun bawang adalah tanaman yang cepat panen. Dalam waktu 2 minggu tanaman daun bawang udah tumbuh berantakan. Pengalamanku punya 10 polybag tanaman daun bawang, umur seminggu udah kebingungan mau diapain, karena tiap hari siap dipanen dan gak abis-abis. 

Cara memanen daun bawang di kebun biasanya dengan dicabut seakar-akarnya. Tapi kalau menanam daun bawang rumahan begini cukup potong pake gunting atau pisau dapur di bagian pangkal batang 2-3 cm dari atas tanah. Jadi bisa tumbuh lagi, terus menerus nambah banyak sampe bosen. 

0 comments:

Post a Comment

ADMANDA. Powered by Blogger.

Connect With Me

Artikel Acak

Lagi Trending